Entrepreneurship

PELATIHAN KEWIRAUSAHAAN IKM BERBASIS SMK DI LAGUBOTI – SUMATERA UTARA, 16 JULI 2013

Acara Pembukaan Pelatihan

Acara Pembukaan Pelatihan

Pada hari selasa, 16 Juli 2013, saya berkesempatan memberikan pelatihan kewirausahaan kepada para siswi-siswi SMK di Laguboti, Sumatera Utara. Pelatihan yang sangat diharapkan oleh para siswi yang memiliki keterampilan dan pendidikan di bidang tata boga. Pelatihan ini sangat penting bagi mereka karena selama ini mereka kurang mendapatkan pengetahuan dan keterampilan yang bersinggungan dengan bisnis.

Pelatihan yang saya berikan selama sehari ini diarahkan untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada para peserta tentang bagaimana esensi dari bisnis yang mereka jalankan. Berbisnis itu membutuhkan pengetahuan dan keterampilan yang relevan dengan bisnis dan manajemen.

Praktek adalah bagian yang sangat menarik bagi para siswi tersebut. Latihan langsung yang saya pandu selama kegiatan membuat mereka senang selama pelatihan ini. Mereka sangat aktif selama pelatihan. Demikian juga tanya jawab yang banyak dilakukan selama pelatihan.

Mereka semakin termotivasi setelah mendapatkan pelatihan. Semangat yang bagi saya adalah kekuatan yang sangat dibutuhkan untuk berhasil dalam bisnis tersebut. Mereka sangat ingin berhasil dalam bisnis. Dengan bekal materi pelatihan, mereka semakin yakin bisa berhasil dengan bisnis.

Pada akhirnya, mereka diberikan post test dengan menanyakan materi yang sudah diberikan. Senang sekali rasanya bisa membuat orang bisa mengerti tentang entrepreneurship dengan baik. Sukses ya adik-adik semua…

*************

PELATIHAN KEWIRAUSAHAAN PENGRAJIN BAMBU DAN ROTAN, DOLOK SANGGUL, SUMATERA UTARA, 17 JULI 2013

Memberikan Pelatihan Kewirausahaan

Memberikan Pelatihan Kewirausahaan

Pada hari Rabu, 17 Juli 2013, saya berkesempatan memberikan pelatihan kepada teman-teman pengrajin Bambu dan Rotan di Kecamatan Dolok Sanggul, Sumatera Utara. Pelatihan yang dihadiri oleh 30 pengrajin tersebut sangat memberikan pengalaman yang sangat berharga buat saya. Pengalaman yang tidak akan pernah terlupakan.

Peserta sangat antusias mengikuti pelatihan ini dan mendengarkan dengan hikmat setiap materi yang diberikan. Materi yang dibawakan secara santai tersebut mampu membuat mereka semakin tertarik untuk mengikuti acara ini. setiap materi yang diberikan, mereka catat.

Apalagi setiap tugas yang diberikan, juga dikerjakan dengan baik. Tidak ada penolakan dari mereka. Bahkan mereka sangat senang dengan simulasi yang diberikan. Demikian pula dengan pertanyaan-pertanyaan yang mereka berikan selama pelatihan menunjukkan antusiasme mereka selama mengikuti acara ini.

Pelatihan yang diselenggarakan oleh Kementrian Perindustrian Indonesia ini memang ditujukan untuk menciptakan pengrajin yang memiliki knowledge yang baik tentang entrepreneurship. Tugas sayalah yang memberikan pelatihan ini. Selain itu, mereka juga diberikan pelatihan dalam desain dan membuat kerajinan bambu dan rotan dengan baik yang diberikan oleh teman-teman saya.

Setelah pelatihan sehari itu, sorenya saya langsung berangkat menuju Kota Medan yang ditempuh selama 8 jam. Akan tetapi, saya sangat senang dengan berbagai pengetahuan dan pengalaman dengan para pengrajin tersebut.

**********

PELATIHAN ENTREPRENEURSHIP BAGI CALON PENSIUN TEMAN-TEMAN LIPI JAKARTA, BAGIAN KERJASAMA, 5 JULI 2013

Bersama Peserta Pelatihan

Bersama Peserta Pelatihan

Disela-sela Pelatihan Capacity Building bagi teman-teman LIPI bagian Kerjasama tanggal 5-6 Juli 2013, saya diminta untuk sharing pengetahuan dan pengalaman tentang entrepreneurship bagi calon pegawai yang akan memasuki masa pensiun.

Tema ini sangat menarik bagi mereka karena selama ini mereka adalah pegawai negeri sipil. Karena ini bukan pelatihan utama, saya berupaya memberikan sharing secara sederhana kepada mereka agar bisa dipahami. Beberapa poin utama saja yang diberikan sebawai warning bagi mereka untuk berbisnis.

Alhamdulillah, para peserta senang dan puas dengan penjelasan yang diberikan. Mereka semakin termotivasi untuk memulai bisnis. Akan tetapi, tetap harus belajar karena bisnis tersebut membutuhkan pengetahuan dan keterampilan untuk menjalankannya. sukses ya teman-teman

**********

PELATIHAN PENSIUNPRENEUR PNS KABUPATEN BEKASI, PUNCAK BOGOR, 2013

**********

PELATIHAN PENSIUNPRENEUR PNS KOTA BOGOR, 2013

**********

PELATIHAN PENSIUNPRENEUR PNS PURWAKARTA, 2013

**********

PELATIHAN PENSIUNPRENEUR PNS KABUPATEN BEKASI, 2013

**********

PELATIHAN PENSIUNPRENEUR PNS KABUPATEN CIREBON, 2013

**********

PELATIHAN KEWIRAUSAHAAN MAHASISWA UPBM UNPAD, 2013

**********

PELATIHAN KEWIRAUSAHAAN MAHASISWA UPBM UNPAD, 2012

**********

PELATIHAN KEWIRAUSAHAAN KERJASAMA DINAS UMKM JABAR, 2011

**********

PELATIHAN KEWIRAUSAHAAN UKM JAMBI, 2011

**********

PELATIHAN KEWIRAUSAHAAN UKM SAMOSIR, 2011

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: