MAJALAH WIRAUSAHA & KEUANGAN

Belajar … belajar dan belajar bagi seorang entrepreneur (Majalah WK, Mei 2013)

Meriza Hendri

Liputan Majalah WK

Mengajar di GIMB entrepreneur school, dari pagi sampai sore dengan tidak ada berhentinya benar-benar memberikan pelajaran berharga. Pelajaran yang tidak ada duanya dalam mengenal seorang entrepreneur. Pembelajaran tentang hakekat seorang entrepreneur.

Dengan berbagai karakter peserta dari berbagai latar belakang bisnis, membuat semakin paham bahwa benar seorang entrepreneur itu harus terus belajar. Kenapa demikian? Belajar untuk terus memahami konsep bisnis, manajemen untuk menumbuh kembangkan bisnis mereka.

Banyak hal yang harus dipelajari dan langsung dipraktek kan dalam kehidupan bisnis ini. Pelajaran bisnis tersebut harus benar-benar direlevansikan dengan bisnis yang dijalankan. Selain itu, pelajaran tersebut harus mampu meningkatkan kemampuan dalam menjalankan bisnis.

Bagaimana cara belajarnya? Pertanyaan ini seringkali diterima dari berbagai entrepreneur. Kan waktunya sibuk dalam bekera….. Waduh, kok bisa? bagaimana ini? ha…ha… ha…inilah tantangan seorang entrepreneur.

Pertama, Setiap entrepreneur meluangkan waktunya untuk membaca buku. Dalam satu kesempatan, saya pernah membaca satu quote yang menyatakan bahwa, anda lima tahun  kedepan dipengaruhi salah satunya oleh buku apa yang dibaca. Hal ini memang nyata. sebagai entrepreneur, luangkan waktu untuk membaca buku-buku yang relevan dengan bisnis yang kita jalankan.

Secara umum, menurut saya, ada beberapa buku yang harus dibaca yaitu, buku manajemen dan bisnis, buku psikologi. Selain itu, buku yang berhubungan dengan sosiologi yang membahas hubungan antar manusia. Juga buku-buku yang berhubungan dengan antropologi.

Kedua, bertemanlah dengan orang-orang yang pembelajar. Seiring dengan quote yang tadi, faktor lainnya yang menentukan orang lima tahun kedepan adalah berteman dengan orang-orang pembelajar. Berteman dengan entrepreneur yang pembelajar akan membuat kita juga menjadi seorang pembelajar

Ketiga, belajarlah dari apa yang telah kita laksanakan. Setiap hari dan setiap kegiatan yang kita lakukan harus diambil pelajaran. Pelajaran dari kesalahan ataupun keberhasilan serta kegagalan yang dilakukan dalam  kegiatan bisnis tersebut sangat banyak.

Bagaimana mendapatkannya? catatlah setiap kegiatan yang dilakukan oleh kita sendiri, Mencatat setiap kegiatan akan memberikan pelajaran kepada kita selama kita memahami bahwa banyak pelajaran dari setiap kegiatan tersebut.

Keempat, Belajar dari orang lain. Pembelajaran dari orang lain adalah salah satu sumber dalam belajar. Banyak kejadian yang dialami oleh orang lain yang bisa kita jadikan sebagai sumber pembelajaran. Bisa dari teman-teman entrepreneur juga, baik dia berhasil atau gagal. Informasi ini sangat penting sebagai pengetahuan kita nantinya.

Kelima, Memiliki seorang idola dalam bisnis. Hal ini sangat penting untuk mempercepat pembelajaran kita dalam bisnis. Banyak hal yang bisa kita dapatkan dari seorang idola tersebut. Pembelajaran didapat dari aspek pemikiran, tindakan, keputusan, konsep bisnis dan lain-lain. Terlebih lagi ketika beliau menghadapi masa-masa sulit dalam bisnis.

Keenam, Belajar dari televisi dan radio serta majalah dan koran yang seringkali membahas bisnis. Banyaknya media elektronik dan cetak adalah sumber pembelajaran bagi kita dalam belajar bisnis. Kenapa demikian? penting sekali selalu mengikuti berbagai pengetahuan dari media ini. Keberadaan Majalah Wirausaha dan Keuangan ini adalah sebagai salah satu sumber untuk belajar. Banyak pembelajaran yang bisa kita dapatkan dari Majalah Wirausaha dan Keuangan ini.

Ketujuh, manfaatkan internet. Internet saat ini adalah sumber pengetahuan yang sangat dahsyat. Pemanfaatan berbagai media seperti smartphone, laptop dan PC adalah sangat penting. Bacalah berbagai pengetahuan dari media ini. selain itu, juga melalui berbagai video tentang bisnis. itu sangat penting.

Bagi kita sebagai entrepreneur, menjadi pembelajar adalah wajib hukumnya. Lingkungan bisnis saat ini sudah mengalami turbulensi dan berpengaruh terhadap diri kita. Oleh karena itu, belajar, belajar dan belajar akan mampu meningkatkan knowledge, skill dan attitude kita dalam mengantisipasi perubahan lingkungan tersebut.

**********

MAJALAH WK JANUARI 2013

PAHAMI LAGI BISNIS KITA

PAHAMI LAGI BISNIS KITA

PAHAMI LAGI BISNIS ANDA YA

PAHAMI LAGI BISNIS ANDA YA

**********

MAJALAH WK JANUARI 2013

KEBERANIAN DAN PERENCANAAN BISNIS

KEBERANIAN DAN PERENCANAAN BISNIS

KEBERANIAN1

**********

MAJALAH WK, MARET – APRIL 2012

MEMAHAMI BISNIS KITA

MEMAHAMI BISNIS KITA

**********

MAJALAH WK, MARET – APRIL 2012

COACHING DI KAMPUS

COACHING DI KAMPUS

COACHING DIKAMPUS

COACHING DIKAMPUS

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: