MENGAJAR MANAJEMEN OPERASI


Rabu malam, tanggal 30 April yang lalu, kang Meriza memberikan materi tentang manajemen operasi yang harus dikuasai oleh setiap entrepreneur dalam kelas GIMB Entrepreneur School. Materi ini penting bagi para entrepreneur karena berdampak kepada tujuan bisnis yang harus dicapai yaitu profit, people, planet, sustainability dalam jangka waktu minimal 10 tahun serta tumbuh dan berkembang dari skala mikro, kecil, menengah dan besar.

Yang menjadi peserta kelas malam itu adalah para pebisnis yang menjalankan aktivitas di travel yaitu Mba Eva dan Kang Radian yang berbisnis travel. Bisnis yang mereka jalankan adalah bagaimana memberikan layanan atau jasa bis pariwisata dengan jumlah lebih dari 40 armada. Inilah yang menjadi tantangan ketika harus mengambangkan usaha mereka dengan konsep bisnis dan manajemen dalam setiap aktivitas bisnis mereka.

Materi manajemen operasi malam itu membahas bagaimana setiap aktivitas bisnis yang dapat disederhanakan dalam bentuk SIPOC yaitu aktivitas yang berhubungan dengan supplier, input, process, output dan juga consumer. Dalam konsep ini, kang Meriza memberikan gambaran tentang supplier yang memberikan layanan kepada perusahaan mereka. bagaimana meminimalisir biaya yang ditimbulkan oleh supplier dengan mencari supplier yang memberikan layanan terbaik dengan biaya yang rendah.

Kemudian, kang meriza juga menekankan bagiamana entrepreneur bisa mengelola biaya yang ditimbulkan oleh proses input atau menghantarkan barang kepada perusahaan dandisimpan dalam gudang. Cost inilah yang harus diminimalisir. Cost lainnya adalah yang berhubungan dengan proses yang ada dalam setiap perusahaan. yang selanjutnya biaya yang berhubungan dengan output dan juga konsumen.

Materi yang diajarkan adalah juga bagaimana pemahaman dan penghayatan setiap entrepreneur dalam konsep manajemen operasi agar bisa berkontribusi optimal dalam pencapaian tujuan perusahaan yaitu TP = TR – TC. Kelas malam itu juga berdiskusi seputar hal-hal yang ada dalam bisnis para siswa.

About merizahendri

Man with skill in Entrepreneurship, strategic management,

Posted on Mei 2, 2014, in Uncategorized. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: