MONTHLY BUSINESS REVIEW


Sore ini, saya berkesempatan untuk mengisi materi tentang evaluasi bisnis yang bersifat bulanan yang ditujukan kepada para entrepreneur yang menjadi binaan dan juga siswa GIMB Entepreneur School (GES). Kegiatan ini berlangsung pada minggu pertama setiap bulan dan hari ini adalah even perdana yang diikuti oleh sembilan siswa dan binaan GES itu sendiri.

Sebenarnya, acara ini direncanakan berlangsung pada pukul 15.30– 18.00 WIB di kantor GES, akan tetapi rada molor karena keterlambatan di bengkel mobil tadi sore. Harus di masukkan car wash dulu mobil karena sudah jadwal rutin mencuci mobil. Inilah yang menjadi penyebab keterlambatan kegiatan evaluasi tersebut.

Namun demikian, Alhamdulillah, siswa mengikuti kegiatan ini dengan baik dan dan mereka membutuhkan program seperti ini karena sangat relevan dengan bisnis yang mereka kerjakan dan dalam rangka pencapaian target yang sudah ditetapkan oleh manajemen perusahaan. Inilah kuncinya yaitu bagaimana membuat bisnis mereka bisa jalan sesuai dengan apa yang direncanakan.

Sesi pertama dibuka dengan menjelaskan maksud dan tujuan dari program ini sehingga setiap peserta memahami apa yang bisa mereka dapatkan dari program evaluasi bulanan ini. selain itu, akan berimplikasi kepada kewajiban yang harus mereka lakukan dalam program tersebut. Jelas sekali bagaimana harapan dari kedua belah pihak,, yaitu saya dan juga para entrepreneur yang terlibat dalam program ini.

Sesi kedua berhubungan dengan bagaimana setiap entrepreneur bisa membuat kerangka berfikir seorang ahli strategi dalam membangun bisnis mereka karena stiap entrepreneur harus menjadi ahli strategi dalam menjalankan bisnis tersebut. Tidak ada pengecualian karena inilah tantangan seorang entrepreneur dalam membangun bisnis.

Sesi ketiga berhubungan dengan bagaimana setiap entrepreneur bisa membuat bisnis mereka mulai dari visi, misi, tujuan, sasaran, program dan lain-lain. Disinilah evaluasi yang dimaksudkan dijalankan terhadap setiap entrepreneur. Penting bagi mereka untuk melihat diri sendiri saat ini agar bisa membuat bisnis tersebut terarah dan menjadi lebih baik dari waktu kewaktu..

Sesi terakhir diisi dengan tanya jawab dan membuat komitmen dari setiap entrepreneur untuk menjadikan saya sebagai komisaris independen mereka. Hmmmm… inilah yang menjadi aktivitas hari ini dan sangat luar biasa…

About merizahendri

Man with skill in Entrepreneurship, strategic management,

Posted on Februari 2, 2014, in Uncategorized. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: