Berfikir stratejik


Aslm teman2 GIMBers….berfikir strategic lah agar kita bisa membangun bisnis jangka panjang, minimal 10 tahun kedepan… Inilah yang selalu saya sampaikan pada diri sendiri dan juga teman-teman pengusaha.

Rasanya, kalimat tersebut terbukti ketika melihat dan membaca deskripsi bisnis teman-teman yang sudah sukses, di dalam negeri maupun di luar sana. Sadar atau tidak sadar, mereka selalu berfikir stratejik.

Tentu membutuhkan knowledge untuk bisa memahami kerangka berfikir stratejik ini. Berfikir stratejik mutuhkan pemahaman bagaimana seorang entrepreneur mengerti konsep stratejik tersebut. Jelas, beberapa ciri berfikir stratejik adalah jangka panjang, tidak bisa di copy paste dan sangat dipengaruhi oleh lingkungan bisnis.

Yang terakhir ini perlu menjadi perhatian karena berhubungan dengan lingkungan individu seorang entrepreneur, lingkungan internal bisnisnya serta lingkungan eksternal yaitu mikro, makro dan global yang selalu berubah, uncertainty, tidak bisa dikontrol dan mengalami turbulensi.

Oleh karena itu, entrepreneur harus bisa memahami, menghayati dan menjalankan proses manajemen stratejik dalam kerangka erbikir stratejik tersebut. Pertama adalah environmental scanning, dimana menganalisis kekuatan dan kelemahan serta peluang dan ancaman untuk mendapatkan posisi strategis nya dipasar.

Kedua, memformulasikan strategi yang terdiri dari visi, misi, tujuan, sasaran, value, strategi dan juga policy.ini penting agar menjadi landasan buat bisnis dan berdasarkan analisis lingkungan tadi.

Ketiga, menjalankan strategi untuk mencapai visi dan misi serta tujuan dan sasaran diatas. Diperlukan program, anggaran daan juga SOP atau standard operation Procedure bagi setiap program dalam perusahaan.

Terakhir adalah melakukan evaluasi serta mengontrol setiap capaian dibandingkan dengan target. Inilah kerangka berfikir stratejik dan rasanya, tidak perlu diragukan lagi setiap entrepreneur harus berfikir stratejik untuk mencapai tujuan bisnis yaitu 3P, sustain, tumbuh

About merizahendri

Man with skill in Entrepreneurship, strategic management,

Posted on Januari 23, 2014, in Uncategorized. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: