PROSES BISNIS HARUS DIPANTAU TERUS


Kemaren, bertemu dengan salah seorang teman yang memiliki bisnis dalam bidang kuliner yang sudah dijalankan selama tiga tahun. Beliau mengeluh tentang kenaikan harga-harga bahan baku yang menyebabkan bisnis kuliner yang “ketar-ketir”. Tentu nya target bisnis menjadi tidak tercapai.

Kondisi ini mengingatkan saya tentang proses bisnis yang benar-benar harus dikelola oleh setiap entrepreneur karena ini berhubungan dengan konteks bisnis yang dijalankan untuk mencapai tujuan yaitu profit, people, planet, sustainability serta bisnis yang tumbuh dan berkembang.
Sebelum mencapai tujuan tersebut, tentu bisnis itu harus mampu menciptakan competitve advantage atau keunggulan bersaing dibandingkan dengan pesaing lainnya ini penting untuk dimiliki oleh setiap entrepreneur agar tetap memiliki bisnis yang kuat dan berkinerja baik.
Pemantauan proses bisnis ini dimulai dari supplier atau yang disebut dengan logistic ini dan kemudian di proses produksi yang dilakukan dalam perusahaan. setelah itu, barulah dikirimkan kepada distribution channel atau DC untuk didistribusikan kepada para konsumen akhir.
Proses bisnis lainnya juga adalah marketing yang dilakukan oleh perusahaan dan selanjutnya adalah service yang diberikan kepada konsumen akhir. Inilah yang harus dipantau oleh setiap entrepreneur untuk mencapai profit yang ditargetkan oleh setiap entrepreneur.

About merizahendri

Man with skill in Entrepreneurship, strategic management,

Posted on Oktober 19, 2013, in Operation Management. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: