ANALISIS PASAR


Dalam kuliah pagi ini, salah satu materi yang harus diajarkan adalah tentang analisis pasar yang dimiliki setiap entrepreneur yang menjalankan bisnis mereka. analisis  yang bagi saya menjadi penentu keberhasilan bisnis entrepeneur saat ini dan yang akan datang.

Bicara tentang pasar, tentu ada satu kata kunci yang harus dipahami yaitu bagaimana setiap entepreneur bsa mengelola pasar secara efektif dan efisien karena dipasarlah uang mereka itu ada. Tinggal bagaimana memindahkan uang tersebut ke saku para entrepreneur.

Itu hakekat dari pemasaran itu sendiri. lalu, bagaimana caranya? konsep pemasaran harus dilihat secara menyeluruh. Bagi saya, sederhana nya adalah bagaimana seorang entrepreneur melihat pasar yang nantinya mereka harus bisa memiliki attention, interest, desire dan action, kemudian puas dan loyal kepada produk dari masing-masing entrepreneur. inilah yang menjadi kata kunci bagi entrepreneur dalam melihat pasar.

Kemudian, barulah ditentukan program pemasaran yang akan dijalankan oleh setiap entrepreneur dalam rangka mendapatkan pembelian oleh para konsumen. Hal ini tidaklah gampang karena pasti membutuhkan effort yang luar biasa.

Terlepas dari itu semua, jelas bagiamaan analisis pasar harus dilakukan oleh para entrepeneur untuk membuat bisnis yang dijalankan bisa lancar dan memberikan profit bagi perusahaan. profit itu berasal dari penjualan produk kepada konsumen yang dikurangi dengan biaya-biaya yang melekat pada setiap kegiatan perusahaan.

Oleh karena itu, marilah melakukan analisis pasar untuk produk kita. perubahan lingkungan bisnis akan berdampak kepada pasar yang notabene adalah konsumen perusahaan entrepeneur itu sendiri. kegagalan dalam melihat perubahan tersebut akan berdampak pada “lari”nya konsumen kepada pesaing nantinya.

About merizahendri

Man with skill in Entrepreneurship, strategic management,

Posted on Oktober 17, 2013, in Marketing Management and tagged , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: