SEORANG ENTREPENEUR BENAR-BENAR DITUNTUT UNTUK MENJADI SEORANG PEMBELAJAR


Kemaren, dalam tiga kelas yang saya ajar di GIMB Entrepeneur school, didapatkan pelajaran yang sangat berharga untuk setiap entrepreneur yaitu pelajaran bagaimaan setiap entrepeneur itu harus menjadi seorang pembelajar.

Kenapa kesimpulan ini bisa didapatkan? Dari kemaren pagi sampai sore, memang peserta dalam sekola entrepeneur GIMB ini benar-benar memiliki rasa untuk meningkatkan pengetahuan mereka dalam bisnis dan manajemen. Konsep yang dibangun oleh GIMB Foundation yaitu knowledge based young entrepeneur benar-benar diaplikasikan dalam proses belajar mengajarnya.

Sampai kemaren sore, timbul suatu pertanyaan tentang apakah memang seorang entrepeneur itu harus memiliki pengetahuan? Proses panjang yang dilewati oleh setiap siswa memang merasakan bahwa seorang entrepeneur dituntut untuk mengembangkan pengetahuan dan keterampilan tersebut.

Satu kata yang didapatkan oleh mereka adalah belajar. Kenapa harus belajar, disinilah proses pembelajaran yang panjang sampai menemukan berbagai permasalahan dalam bisnis yang dijalankan oleh entrepeneur membuat mereka memang harus memiliki penggetahuan untuk menjadi entrepreneur sukses.

Bagi saya, menjadi entrepeneur itu gampang, akan tetapi menjadi entrepeneur sukses itu tidaklah gampang. Kenapa? Kembali ke pinsip bahwa bisnis itu berada dalam lingkungan bisnis yang selalu berubah dan berpengaruh kepada perusahaan atau bisnis para entrepeneur.

Bukti nya apa? Seluruh permasalhaan yang dihadapi oleh setiap entrepeneur memang disampaikan dikelas dan luar kelas dan didengar oleh para teman-teman entrepeneur lainnya. Bagi saya, tidak mau memberikan jawaban begitu saja, akan tetapi selalu mengajak mereka berfikir dalam proses berfikir sesuai dengan model atau konstruksi sebagai entrepeneur yang berfikir secara logis.

 Disnilah mereka menemukan bahwa memang seorang entrepeneur itu penuh dengan masalah. Ha2.. apakah harus takut? Disnilah yang membedakan seseorang yang memiliki mindset seorang entrepeneur dengan yang tidak entrepeneur.

Bagi mereka, masalah ini adalah tantangan yang harus diselesaikan dengan baik agar tetap memberikan value yang optimal dalam pencapaian profit dalam setiap bisnis mereka. inilah kata kuncinya. Sukses ya…

About merizahendri

Man with skill in Entrepreneurship, strategic management,

Posted on Oktober 13, 2013, in Entrepreneurship and tagged , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: