PERLUNYA MEMBUAT POLICY DARI SETIAP AKTIVITAS DI DALAM BISNIS SEORANG ENTREPENEUR


Setiap aktivitas perusahaan harus memiliki dasar untuk melakukannya dan inilah yang harus diperhatikan oleh setiap entrepreneur yang ingin membangun bisnisnya menjadi luar biasa. Selalu konteks profit, people, planet, sustainability serta bisnis yang terus berkembang sesuai dengan rencana dan bahkan master plan suatu bisnis entrepeneur dalam 10 tahun kedepan.

Aktivitas yang bisa memiliki dasar ini untuk menerapkan akuntabilitas (accountability) sebagai salah satu konsep godd corporate governance dalam usaha tersebut. ini adalah satu manfaat yang dirasakan ketika adanya akuntabilitas dalam setiap perusahaan.

Manfaat lainnya adalah bagaimana setiap entrepeneur dan karyawan memiliki dasar untuk mengambil keputusan yang tepat dan mereka tidak khawatir dalam setiap pengambilan keputusan. Dasar ini menjadi penting juga buat mereka ketika harus menghadapi audit dalam bisnis dan inipun harus dilakukan oleh setiap entrepreneur, meskipun skala bisnisnya masih mikro ataupun kecil.

Apa saja contohnya. Salah satu isu yang paling mendasar adalah bagaimana kebijakan gaji untuk setiap perusahaan. itu perlu memiliki dasar kebijakan yang jelas bagi setiap entrepeneur. dua departemen yang relevan dengan ini adalah akuntansi dan keuangan bersama sumber daya manusia yang mengurus payrol.

Demikian juga dengan kebijakan dibidang keuangan, pemasaran, operasi dan sdm yang harus dibuat oleh setiap entrepreneur. sekarang, marilah kita mempersiapkan diri untuk memulai fokus pada pembuatan kebijakan dalam usahanya.

Apa yang harus diperhatikan membuat policy tersebut? satu hal yang paling penting adalah visi, misi, tujuan, sasara, corporate value serta strategi dari perusahaan kita. ini menjadi dasar untuk pembuatan kebijakan tersebut. jangan sampai policy yang dibuat oleh entrepeneur bertentangan dengan apa yang sudah ditetapkan dalam kerangka diatas.

About merizahendri

Man with skill in Entrepreneurship, strategic management,

Posted on Oktober 12, 2013, in Strategic Management and tagged , , , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: