REVIEW PEMBELAJARAN DI GIMB ENTREPENEUR SCHOOL BATCH 5


Tadi malam adalah kelas terakhir untuk batch 5 GIMB Entrepeneur school yang memang pelaksanaannya setiap rabu malam. Alhamdulillah, kelas semalam penuh meskipun kang Agus minta ijin tidak bisa hadir karena beliau harus mempersiapkan rapat di perusahaan beliau pagi ini.

Kegiatan semalam sebenarnya adalah yang pertama diadakan oleh GIMB Foundation karena batch-batch sebelumnya belum mendapatkan program review atas seluruh materi yang diberikan selama dikelas tersebut. adapun tujuannya adalah agar para entrepeneur bisa mendapatkan rangkuman atas apa yang sudah dipelajar dan bisa dipahami, dihayati serta dimanfaatkan dalam bisnis yang mereka jalankan.

Review semalam diawali dengan pembahasan konsep entrepeneurship yang dilihat dari sejarah, definisi, motif dan karakteristik yang dimiliki oleh setiap entrepeneur serta kompetensiyang harus dimiliki setiap entrepreneur agar sukses nantinya. hal ini penting agar mereka menyadari akan hakekat seorang entrepeneur

Entrepeneur tidak akan pernah sukses bila mereka tidak memahami konsep bisnis dan lingkungan bisnis. Bisnis itu harus dipahami secara baik karena ada kegiatan, sumber daya, produk dan tujuan yang hendak dicapai. Inilahyang seringkali kurang dipahami oleh setiap entrepeneur. perlu untuk memberikan penjelasan kepada siswa.

Selanjutnya entrepeneur tersebut pasti tidk bisa dilepaskan dari lingkungan bisnis yang selalu berubah, penuh ketidakpastian, tidak bisa dikontrol dan juga sudah mengalami turbulensi. Inilah kenyataan yang dihadapi oleh para entrepeneur dan oleh karena itu, mereka harus bisa memahami perubahan lingkungan bisnis dan juga membuat antisipasi atas perubahan berupa strategi sampai kebijakan serta program dalam bisnis mereka.

Bisnis tidak akan bisa bertahan lama bila tidak didukung oleh manajemen yang kuat dan dalam hal ini manajemen dipisah menjadi hard skill dan soft skill. Inilah yang harus dipahami oleh setiap entrepreneur dimana mereka harus menguasai dua-duanya.

Review terakhir adalah berhubungan dengan konsep balanced scorecard yang harus dijalankan oleh setiap entrepeneur agar bisnis terus berhasil mencapai apa yang sudah direncanakan. Inilah pertemuan di GIMB Entrepeneur School tadi malam.

About merizahendri

Man with skill in Entrepreneurship, strategic management,

Posted on Oktober 10, 2013, in Entrepreneurship and tagged , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: