PELAJARI PRODUK ANDA DENGAN BAIK


Dalam kelas pagi ini, khususnya kelas entrepeneurship, mahasiswa menemukan materi tentang produk yang harus dikelola agar bisa diterima pasar dan juga bisa memberikan value bagi konsumen serta perusahaan berupa penjualan yang terus menerus.

Sudah lama saya tidak memberikan kelas tentang produk ini karena selama ini seringkali membahas hal-hal yang berhubungan dengan strategic management dan akibatnya adalah kurang memperhatikan konsep produk tersebut. padahal, manfaatnya sangat penting.

Bicara tentang produk, tentu tidak bisa dilepaskan dari konsep yang disampaikan oleh guru marketing yaitu Philip Kotler. Jelas sekali produk itu sangat dekat dengan keberhasilan setiap entrepeneur dalam bisnis. Oleh karena itu, haruslah memahami produk dengan baik.

Bagi saya, produk yang baik itu adalah produk yang bisa memasarkan diri mereka sendiri. jadi, kualitas produk sangat menentukan keberhasilan dari entrepeneur dalam berbisnis. Tidak perlu banyak biaya yang dikeluarkan apabila produk itu sudah berkualitas tinggi.

Produk tentu berhubungan dengan segala sesuatu yang dapat ditawarkan kepada konsumen dan memberikan solusi kepada mereka serta mampu memberikan kepuasan kepada konsumen tersebut. jadi, jelas kata kuncinya adalah segala sesuatu yang bisa saja barang,  jasa, tempat, ide, pengalaman, orang, event dan lain-lain.

 Akan tetapi, saat ini, setiap entrepeneur harus fokus pada peningkatan kualitas produk agar bisa bersaing dan terus dibeli oleh konsumen dan membuat mereka puas. Inilah yang harus diperhatikan oleh setiap entrepeneur.

Jadi, marilah kita mulai fokus pada produk kita sendiri agar benar-benar bisa memberikan keunggulan dipasar dan menjadi pilihan utama konsumen untuk mengkonsumsinya.

About merizahendri

Man with skill in Entrepreneurship, strategic management,

Posted on Oktober 10, 2013, in Marketing Management and tagged , , , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: