MEMBANGUN KERANGKA BERFIKIR BISNIS BAGI ENTREPENEUR


Semalam, banyak sekali pembelajaran yang saya dapatkan dari kelas yang membahas summary atau kesimpulan yang diberikan kepada para siswa GIMB Entrepeneur school batch 5. Bahasan tentang semua materi secara sederhana dalam bentuk model, diharapkan mampu mempertajam pemahaman mereka untuk menjadi a successful knowledge based young entrepeneur.

Berbagai pertanyaan seputar materi pembelajaran yang sudah diberikan dan dibandingkan dengan apa yang terjadi dilapangan membuat siswa menjadi “galau” tentang apa yang sudah diteirma selama 12 kali pertemuan. Bagi saya sebagai guru, senang sekali membuat mereka “galau” dalam artian disinilah hakekat seseorang entrepreneur sebagai manusia yaitu berfikir.

Berfikir tentang apa? Berfikir tentang kebenaran dalam menjalakan bisnis yang mereka pilih. Inilah yang ingin saya berikan kepada teman-teman entrepeneur, perlunya kita berfikir dengan kerangka berfikir yang benar sehingga tujuan bisnis teman-teman yaitu profit, people, planet, sustainability serta bisnis yang tumbuh dan berkembang benar-benar terealisasi.

Apa saja kerangka berfikir tersebut? kenapa bukan langsung saja ke tips marketing, keuangan, operasi, sdm, misalnya dalam kelas ini? saya mencoba untuk berfikir jangka panjang. Materi pembelajaran ini harus menjadi solusi jangka panjang bagi setiap entrepeneur dan disinilah kerangka berfikir dari entrepeneur, bisnis dan lingkungan bisnis, manajemen (manajemen stratejik, keuangan, pemasaran, operasi dan sdm) dapat diketahui, dipahami, dihayati, digunakan dalam berbisnis serta dilakukan perbaikan untuk setiap keputusannya.

Kerangka berfikir ini diharapkan bisa menjadi tool untuk mencapai sukses bagi setiap entrepeneur. sukses ya….

About merizahendri

Man with skill in Entrepreneurship, strategic management,

Posted on Oktober 10, 2013, in Entrepreneurship and tagged , , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: