MANA RAB DAN LAPORAN BULANAN ORGANISASI?


Hmmm.. pertanyaan inilah yang akan selalu disampaikan oleh Pak Meriza kepada bagian keuangan GIMB Foundation atau yayasan Gerakan Indonesia Muda Berbisnis. Setiap akhir bulan, siap-siap aja memberikan laporan kepada beliau. kalau tidak… tahu aja resikonya, pasti akan dikejar-kejar.

Inilah diskusi yang dilakukan oleh bagian keuangan dengan tim nya di akhir bulan yang menyangkut laporan keuangan yang harus disiapkan. Tidak hanya itu, juga termasuk anggaran untuk bulan depan atau yang sering disebut dengan RAB. Pusing dah….

Hmmmm… inilah yang menjadi tugas utama seorang entrepeneur dalam menjalankan bisnis mereka. tugas rutin untuk mendapatkan informasi yang tepat untuk membuat keputusan yang optimal agar bisa terus mencapai tujuan bisnis yang sudah ditetapkan berupa profit, people, planet, sustainability serta tumbuh dan berkembang dari bisnis yang dijalankan.

Keberadaan laporan keuangan bermanfaat untuk menilai kinerja keuangan perusahaan dan dalam konteks manajemen disebut dengan evaluasi manajemen. Evaluasi ini membandingkan antara target dengan realisasi. Gap atau kesenjangan pasti terjadi. Oleh karena itu, perlu dievaluasi agar bisa dicarikan alternatif solusinya.

Banyak keputusan yang harus saya ambil ketika mengetahui laporan keuangan perusahaan. bisa ekspansi, stability dan juga retrenchment. Tergantung kondisi keuangan dan laporan yang diberikan kepada saya. Ini penting untuk menjaga sustainability perusahaan.

Demikian juga dengan anggaran untuk bulan depan. Hal ini menjadi pegangan untuk menyiapkan anggaran keuangan perusahaan satu bulan kedepan sehingga dapat memberikan value bagi setiap aktivitas yang dijalankan.Dengan evaluasi dan rancangan anggaran ini, dapat membantu manajemen melakukan evaluasi atas kinerja serta mempersiapkan perusahaan untuk satu bulan kedepan. Sukses ya…

About merizahendri

Man with skill in Entrepreneurship, strategic management,

Posted on Oktober 2, 2013, in FINANCE MANAGEMENT and tagged , , , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: