LIHAT STRATEGI BISNIS KITA


Dalam keseharian kita sebagai entrepeneur saat ini, satu isu yang paling lekat adalah berhubungan dengan perubahan lingkungan bisnis yang begitu cepat dan mengancam bisnis yang kita jalankan. Ancaman ini tidak biasa karena dampaknya sangat luar biasa.

Banyak pengusaha atau entrepeneur yang mulai merasakan dampak tersebut dan akibatnya mereka ada yang menutup bisnis karena tidak kuat lagi menahan beban atau total cost yang terus meningkat. Sementara, penerimaan tidak seimbang dan lebih besar dari penerimaan. Akibatnya adalah rugi yang harus ditanggung.

Tentu hal ini tidak menguntungkan bagi para entrepeneur karena mereka selalu berprinsip bagaimana bisnis tersebut mendatangkan profit dimana total revenue harus lebih besar daripada total cost. Ini sangat ditentukan oleh aktiitas keuangan, pemasaran, operasi dan sumber daya manusia yang dijalankan oleh perusahaan.

Keempat kegiatan tersebut tidak bisa lepas dari perubahan lingkungan bisnis yang uncertainty, uncotrollable, bahkan mengalami yang namanya turbulensi. Ini penting untuk dihapami dan ditanggapi oleh para entrepeneur. Keberhasilan bisnis mereka dalam jangka panjang sangat ditntukan keberhasilan entrepeneur mengelola strategi yang dijalankan.

Oleh karena itu, sebagai entrepeneur, perlu melihat dan menganalisis perubahan lingkungan dan dampakanya juga perubahan pada strategi yang digunakan oleh perusahaan. akan teapi, hati-hati juga dengan perubahan tersebut karena strategi memiliki sifat jangka panjang.

Tanggungjawab setiap entrepeneur adalah membuat strategi tersebut dapat dijalankan dengan baik dan teru menghasilkan output dan outcome yang optimal. Jadi, saya ingat pernyataan saya dulu bahwa memang seorang entrepeneur itu adalah ahli strategi.

About merizahendri

Man with skill in Entrepreneurship, strategic management,

Posted on Oktober 1, 2013, in Strategic Management and tagged , , , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: