JALANKAN PERANAN SEORANG MANAJER SECARA EFEKTIF DAN EFISIEN


Sebagai seorang entrepeneur, salah satu tugas utamanya adalah menjadi manajer. Tentu suka tidak suka, entrepeneur harus menjalankan peranan manajemen yaitu sebagai interpersonal, komunikasi dan juga sebagai decision making.

Menurut Mintzberg, ada 10 peranan seorang manajer yaitu dalam konteks interpersonal, mereka adalah figurehead, leader dan liason officer. Ketiga hal ini merupakan pengelompokkan peranan manajer dalam menjalankan tugas mereka untuk mencapai tujuan.

Adapun sebagai komunikator, peranan seorang manajer tersebut adalah mengumpulkan informasi atau monitor, disseminator atau menyebarkan informasi serta menjadi spokeperson atau juru bicara atas tim yang mereka manaje.

Yang ketiga adalah sebagai pengambil keputusan atau decision making yaitu sebagai disturbance handler, entrepeneur, resource allocator, negotiator

Peranan seorang manajer tersebut ditujukan untuk menjadikan setiap entrepeneur bisa bekerja dengan dan melalui orang lain agar bisa mencapai tujuan secara efektif dan efisien. Ini penting untuk dipahami secara baik dan dijalankan agar benar-benar tujuan bisnis berupa profit, people, planet dan sustainablity serta bisnis yang tumbuh dan berkembang dari mikro, kecil, menengah dan besar benar-benar tercapai.

Jadi, marilah kita jalankan peranan tersebut agar bisnis sukses saat ini dan yang akan datang. Keberhasilan bisnis yang kita jalankan tergantung kepada kualitas manajerial yang kita gunakan, baik untuk diri sendiri, maupun bawahan yang juga menjalankan peranan manajerial.

About merizahendri

Man with skill in Entrepreneurship, strategic management,

Posted on September 30, 2013, in Management and tagged , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: