KOORDINASI DALAM BEKERJA


Setiap entrepreneur, memiliki divisi yang berbeda-beda dalam mencapai tujuan yang sudah ditetapkan oleh owner perusahaan yang nota bene juga adalah para entrepeneur yang sering berperan ganda, baik sebagai entrepeneur maupun sebagai manajer. Kalau didalami lagi, jelas sekali terlihat minimal ada empat divisi yang dimiliki oleh setiap perusahaan.

Apa saja itu? Minimal ada kegiatan keuangan yang mengatur keuangan perusahaan, dari mencari keuangan (financing), mengelola keuangan dan juga membagikan dividen atau laba yang hendak dicapai oleh perusahaan atau entrepeneur itu sendiri. penting untuk dipahami aktivitas keuangan ini berhubungan dengan kinerja bisnis dan inilah yang akan dilihat oleh para stakeholder nantinya.

Kegiatan kedua adalah berhubungan dengan pemasaran. Sebagai pebisnis, menjadi marketer untuk produk-produk mereka adalah wajib hukumnya dan selalu diingat bahwa uang itu ada di pasar atau konsumen. Oleh karena itu, kita harus bisa mendapatkan uang dari konsumen dan “dipindahkan” ke kantong entrepreneur.

Dalam konteks pemasaran, selalu dilihat dua hal minimal yaitu perilaku konsumen yang selalu berubah dan sangat berhubungan dengan bagaimana setiap konsumen menentukan masalah, mencari alternatif solusi, mengevaluasi alternatif solusi serta memutuskan apa yang hendak mereka beli. Barulah adanya fase setelah melakukan pembelian berupa puas atau tidak puas.

Konteks kedua dari pemasaran adalah bagaimana perusahaan memasarkan produk mereka, baik barang, jasa, ide, tempat, orang, pengalaman, event dan lain-lain. Bagaiamana proses dari segmentasi, targetting, positioning dan membuat bauran pemasaran adalah kegiatan utama dari seorang entrepeneur sebagai marketers

Kegiatan ketiga dari setiap entrepreneur dalam bisnis adalah operasi. Dalam konteks bisnis, selalu dikatakan bagaimana internal business process dari suatu bisnis harus bisa menjadi keunggulan bersaing dari setiap perusahaan. kegiatan operasional berhubungan dengan bagaimana seluruh aktivitas yaitu mulai dari supplier, kegiatan produksi sampai dengan distribusi kepada konsumen. Semua harus diatur secara baik dan optimal agar memberikan nilai kepada perusahaan untuk  mencapai tujuan.

Keempat adalah berhubungan dengan pengeloloaan sumber daya manusia untuk meningkatkan produktivitas mereka dalam bekerja sehingga dapat kontribusi optimal dari setiap karyawan yang digaji kepada perusahaan.

Seluruh aktivitas dalam perusahaan ini harus dikoordinasikan dalam kerangka saling berbagi mana kegiatan yang harus dilakukan secara bersama-sama. Pengalaman kemaren dalam bentuk rapat evaluasi tinjauan manajemen menunjukkan bagaimana pentingnya rapat koordinasi bagi perusahaan. oleh karena itu, kegiatan ini perlu dilakukan secara rutin untuk  melihat kinerja  perusahaan.

About merizahendri

Man with skill in Entrepreneurship, strategic management,

Posted on September 30, 2013, in Management and tagged , , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: