Evaluasi dan pdca


Rasanya, ngga akan habis-habisnya membahas konsep ini. Konsep yang sederhana dan gampang diucapkan, rupanya menjadi key success factor dalam membangun bisnis dan mencapai keunggulan kinerjanya. Hmmm…

Akhir bulan ini kudu dimanfaatkan sebagai momentum bagi entrepreneur dalam mengevaluasi seluruh aktivitas bisnis yang sudah dijalankan selama satu bulan. Evaluasi terhadap capaian dan dibandingkan dengan target yang sudah ditetapkan.

Kunci sukses evaluasi adalah bagaimana perencanaan dibuat diawal yang menjadi indikator dan target dalam bekerja itu sendiri. Semakin detail rencana, maka akan semakin baik indikator penilaian dalam evaluasi.

Dalam bisnis, tentu indikator berdasarkan konsep manajemen adalah wajib hukumnya. Indikator dari aspek manajemen keuangan, pemasaran, operasi dan sdm dapat menjadi target yang digunakan untuk evaluasi bisnis.

Hari ini, itu ytang akan sy lakukan dalam yayasan yang saya pimpin. Evaluasi manajemen itu wajib dilakukan, bahkan kemaren sy menekankan kepada teman-teman siswa binaan, ada evaluasi setengah harian, harian, mingguan, bulanan, tiga bulanan, semesteran dan tahunan.

Dari evaluasi ini, akan ketemu masalah-masalah kenapa target tidak tercapai. Evaluasi ini membuat sesuatu yang tidak terlihat, menjadi terlihat. Sesuatu yang tidak disangka, rupanya masalah.

Bariulah dilakukan analisis untuk dibuatkan perbaikan, continues improvement. pdca atau plan, do, check, action, menjadi key success factor dalam pencapaian tujuan. Apalagi levelnya di manajemen yang jelas memiliki proses.

About merizahendri

Man with skill in Entrepreneurship, strategic management,

Posted on September 29, 2013, in Uncategorized. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: