Bicara business knowledges


Pagi ini, saya ditanya oleh salah seorang binaan GIMB Foundation tentang bisnis yang dijalankan. Beliau menghadapi masalah dari dalam dan luar bisnis. Akibatnya adalah bisnis nya sekarang menurun drastis.

Ada satu pelajaran berharga yang ingin saya share kepada teman-teman semua. Pertama, saya selama ini fokus kepada lingkungan bisnis itu, internal dan eksternal lingkungan perusahaan. Rupanya, ada satu lingkungan yang harus menjadi perhatian.

Apa itu? Lingkungan yang berhubungan dengan lingkungan diri seorang entrepreneur. Seorang intrepreneur memiliki lingkungan diri yang sangat berpengaruh. Apa itu? Hmmm… Saya menggunakan pendekatan psikologi.

Seorang entrepreneur dipengaruhi oleh persepsi, motivasi, learning, personality dan attitude. Kemudian, ada pengaruh family, lingkungan sosial dan juga budaya. Ini penting untuk dipahami dengan baik dari seorang entrepreneur.

Selain pendekatan psikologi, pengaruh lainnya adalah kondisi fisik seorang entrepreneur juga berpengaruh. Oleh karena itu, kondisi sedang sakit atau lagi sehat, akan mempengaruhi entrepreneur. Oleh karena itu, jaga kesehatan dan lakukan olah raga secara rutin, makan makanan sehat dan lain-lain.

Selanjutnya adalah knowledge yang diperlukan bagi entrepreneur untuk sukses.

Seorang entrepreneur itu ngga akan berhasil kalau dia ngga ngerti bisnis dan lingkungan bisnis, bisnis tidak akan sustain kalau tidak menerapkan manajemen. Manajemen terbagi 2, hard skill terdiri dari proses bisnis (poac), fungsi bisnis (mgt strategic, keuangan, pemasaran, operasi, sdm)…lalu, hard skill: manajemen ngga akan jalan bila ngga paham leadership, ngga tahu decision makin process, ngga bisa komunikasi efektif, ngga bisa bikin teamwork dan tidak bisa memotivasi diri sendiri dan tim, semua inilah yang harus diperhatikan

Itulah pelajaran pagi ini ya. Sukses selalu buat kita, meski hari minggu, selalu belajar dan bekerja untuk mencapai sukses bisnis kita.

About merizahendri

Man with skill in Entrepreneurship, strategic management,

Posted on September 29, 2013, in Uncategorized. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: