BERIKAN PERHATIAN LEBIH KEPADA PROSES BISNIS


Bisnis yang unggul tersebut harus bisa benar-benar melebihi kemampuan dari para pesaing atau competitor yang juga menawarkan produk yang sama dan pada pasar yang sama dengan perusahaan kita. unggul atau yang bahasa bisnis itu adalah competitive advantage merupakan konsep yang harus dipegang dan dijalankan secara optimal. Tujuannya adalah bagaimana perusahaan tetap bisa mencapai kinerja yang sesuai dengan harapan.

Salah satu faktor yang menentukan pencapaian keunggulan bersaing ini adalah proses bisnis yang ada dalam suatu perusahaan atau yang dijalankan oleh para entrepeneur. proses bisnis menyangkut bagaiamana bisnis tersebut harus dioptimasi dari supplier, perusahaan, distributor sampai kepada pelanggan. Proses ini panjang dan memiliki karakter yang berbeda antar bisnis yang satu dengan yang lain.

Dalam proses bisnis, akan melekat yang namanya tujuan untuk menjamin TP = TR – TC atau total profit ecara optimal. pengendalian atas pencapaian total profit sangat penting. Total profit yang optimal akan dipengaruhi oleh total revenue yang dihasilkan oleh setiap aktivitas pemasaran yang dijalankan oleh tim marketing.

Proses bisnis akan sangat berperan pada proses penurunan biaya atau total biaya yang ada dalam suatu perusahaan. total cost tersebut sangat relevan dengan berbagai aktivitas dalam produksi dan juga apa yang hendak disampaikan kepada konsumen, seperti distribusi yang sering membutuhkan biaya karena berhubungan dengan pihak ketiga.

demikian juga dengan ketersediaan bahan baku bagi setiap proses produksi yang dijalankan oleh setiap perusahaan. Supplier memegang peranan penting karena itu sangat relevan dengan apa yang dihasilkan oleh perusahaan. perlu diketahui, sebagian besar biaya dalam suatu bisnis dipegang oleh supplier dan mempengaruhi total biaya perusahaan.

oleh karena itu, perusahaan mulai memberikan perhatian kepada proses bisnis. tools yang sering digunakan adalah total quality management atau (TQM), six sigma, service excellence bahkan sampai pada penggunaan software atau IT untuk mendukung proses bisnis suatu perusahaan. hal ini penting agar proses bisnis bisa berkontribusi pada peningkatan total revenue dan mengurangi total cost yang ada dalam suatu perusahaan.

sekarang, bagaimana bisa menjadi semua ini bisa berjalan secara optimal? penting bagi para entrepeneur untuk lebih memberikan perhatian kepada poses bisnis. bagaimana meningkatkan proses bisnis suatu perusahaan adalah pengetahuan, keterampilan serta attitude yang harus selalu dijaga.

About merizahendri

Man with skill in Entrepreneurship, strategic management,

Posted on September 27, 2013, in Operation Management and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: