HATI-HATI DALAM BERUCAP


Waduh, kemaren saya mendapatkan pelajaran yang sangat berharga tentang bagaimana berkomunikasi denga efektif kepada stakeholder yang mungkin memiliki pemahaman yang berbeda dengan saya. Perbedaan pemahaman akan suatu pernyataan secara keseluruhan sehingga ditanggapi secara berbeda.

Suatu hal yang disampaikan kepada stakeholder haruslah disesuaikan dengan konsep diri mereka terlebih dahulu. Setiap individu tersebut dipengaruhi oleh persepsi, motivasi, learning, personality dan juga attitude sebagai faktor internal dalam diri mereka sendiri. adapun faktor eskternalnya terdiri dari family, sosial dan lingkungan budaya.

Kedua faktor tersebut mempengaruhi setiap individu dan menetukan bagaimana respon mereka terhadap apa yang disampaikan. Penting sekali untuk disadari akan hal ini untuk mencapai kesamaan pemahaman atas apa yang disampaikan dengan apa yang mereka terima.

Akan tetapi, tetap saja terjadi kesalahpahaman antara komunikator dengan audience terhadap apa yang disampaikan atau dibicarakana. Akibatnya adalah terjadi pertentangan. Hal ini tidak boleh dibiarkan terjadi karena akan berdampak negatif bagi hubungan dengan pendengar kita.

Oleh karena itu, hati-hati dalam berbicara. Tidak hanya bahasa verbal nya saja akan tetapi, juga bahasa non verbal ketika berbicara tersebut. perhatian setiap entrepeneur terhadap komunikasi ini menjadi sangat penting agar pesan yang disampaikan bisa mendukung pencapaian tujuan usaha. Akan bertolak belakang bila tidak mampu melakukan hal ini.

Seringkali entrepeneur “salah ucap” dalam berkomunikasi dengan stakeholder, seprti karyawan, konsumen, supplier dan lain-lain. Diharapkan dengan ucapan yang didukung oleh bahasa non verbal yang tepat, akan menghasilkan komunikasi yang efektif.

About merizahendri

Man with skill in Entrepreneurship, strategic management,

Posted on September 26, 2013, in Management and tagged . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: