Berikan contoh langsung


Dalam membangun kualitas sumberdaya manusia dalam suatu perusahaan, seorang entrepreneur berkewajiban memahami suatu konsep yang sangat mendasar yaitu bicara tentang contoh langsung dalam setiap aspek yang dikembangkan pada setiap bagian dalam diri karyawan. Contoh langsung ini sangat berpengaruh pada daya serap apa yang diajarkan.

Pengalaman teman saya menunjukkan bagaimana contoh yang mereka berikan itu berpengaruh besar pada bawahan mereka. Aspek kognitif, afektif dan psikomotorik langsung kena dampaknya. Kerasa sekali dampaknya.

Kenapa demikian? Saya mencoba melihatnya pada aspek sisi psikologi dari bawahan kita dalam melihat yang diajarkan. Mereka merasa langsung merasakan bahwa atasan mereka juga melakukan hal yang sama. Aspek morale yang dipengaruhi pada setiap bawahan.

Aspek ini lebih penting dari aspek lainnya karena moarel tersebut berhubungan dengan confidence, discipline dan juga anthusiasm. Ketiga hal ini didapat pada diri atasan yang memberikan contoh langsung.

Contoh langsung juga berpengaruh terhadap panca indera dari bawahan. Pertama, mereka langsung melihat apa yang dilakukan oleh para atasan. Kedua, mereka mendengar apa yang disampaikan oleh atasan. Ketiga, mereka bisa merasakan apa yang dilakukan oleh para atasa.

Adapun mencium atau memakannya tentu kuran tepat. Akan tetapi, hal ini memberikan pengalaman bagi mereka. Itu dulu ya,

About merizahendri

Man with skill in Entrepreneurship, strategic management,

Posted on September 25, 2013, in Uncategorized. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: