PERSONALITY ITU ADALAH TOPENG


Dua hari yang lalu, saya sangat berbahagia mendapatkan kesempatan sharing dengan teman-teman dari salah satu biro psikologi yang memang saya ajak untuk memberikan kuliah tamu kepada mahasiswa saya di kampus widyatama.

Ditambah lagi kemaren pagi rapat dengan salah seorang dosen yang memang berlatar belakang pendidikan S1 nya psikologi. Jadinya nyambung dengan apa yang saya bahas pada hari jumat. Alhamdulillah.

Ada satu pertanyaan mendasar dalam diri saya yang selalu “menghantui”, ha 2… kesannya bagaimana gitu ya. Tapi memang itu kenyataannya. Karena relevan dengan status saya sebagai dosen maupun pemilik dan pengelola bisnis, meskipun masih kecil-kecilan. (ini mah lagi error ya bahasanya, maklum masih subuh, sembari nunggu pesawat…..)

Tapi memang demikian kenyataannya. Semakin kesini, saya merasakan tugas seorang entrepreneur bukan lagi di level teknis manajerial, seperti keuangan, pemasaran, operasi, sdm, akan tetapi lebih kepada bagaimana memahami karyawan atau siswa secara pribadi. Karena kalau tidak, kinerja mereka kurang sesuai dengan apa yang diharapkan.

Salah satu faktor tersebut adalah personality. Lalu saya bertanya dalam diri, apakah sebenarnya kepribadian tersebut? yang saya pahami orang ada yang introvert, extrovert, akan tetapi, ada juga yang sering disebut berkepribadian ganda. Inimah becanda. Bagaimana dengan VICKY Prasetyo? Apa kepribadiannya? Kata teman saya….. nah lho, say angga ngerti.

Tapi, terlepas dari itu, memang kepribadian sangat mempengaruhi individu, akan tetapi, itu personality itu sama dengan TOPENG. Kok bisa? Hati-hati dengan personality setiap individu karena itu adalah topeng. Jangan percaya dengan apa yang ditampilkan mereka, oleh karena itu, pahami mereka secara lebih mendalam. Itu dulu ya, mau subuh dulu….selamat memahami personality setiap bawahan kita

About merizahendri

Man with skill in Entrepreneurship, strategic management,

Posted on September 22, 2013, in Human Resources Management and tagged . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

