MEMBUAT PEMAHAMAN YANG BAIK TENTANG BISNIS


Tadi siang, saya berkesempatan mengajar siswa GIMB Entrepeneur school batch 7 yang belajar pukul 11.00 – 14.00 WIB. Meskipun saya terlambat datang kekelas, tetapi, tetap ditunggu oleh para siswa yang terlebih dahulu diajar oleh kang agus.

Materi hari ini tentang konsep bisnis dan lingkungan bisnis bagi para entrepeneur. Selama ini, entrepeneur hanya menjalankan bisnis sesuai dengan apa yang mereka anggap baik. menjalankan apa yang ada dilihat dipasar. Apalagi yang dibutuhkan oleh pasar.

Saya sepakat untuk diawal dalam menjalankan bisnis, jalan saja. Atau orang bilang, yang penting action, jalan aja langsung. Akan tetapi, setelah bisnis berjalan, perlu memperhatikan konsep bisnis. Pemahaman ini penting untuk membuat entrepeneur dapat menjalankan bisnis dengan baik.

Mengajarkan bisnis kepada entrepeneur, berbeda dengan siswa di kelas. Perbedaan ini menyangkut bagaimana konsep bisnis itu dilihat secara keseluruhan dan juga lingkungan bisnis.

Dalam mengajarkan konsep bisnis, rata-rata menjawab kegiatan menjual barang, kegiatan mencapai profit,dan lain-lain. Tidak dapat menjelaskan konsep secara keseluruhan. Artinya, kurang memahami konsep sesuai arti yang sebenarnya.

Tadi siang, penjelasan yang menyeluruh dan dengan contoh yang kongkrit, diharapkan dapat membangun pemahaman yang lebih baik bagi entrepeneur. Apalagi contoh yang diberikan sangat relevan dengan apa yang mereka jalankan.

Setelah itu, diberikan juga penjelasan tentang lingkungan bisnis yang melingkupi bisnis yang dijalankan oleh entrepeneur. Lingkungan ini penting untuk dipahami agar dapat melihat pengaruh lingkungan terhadap bisnis itu sendiri.

Pengalaman dengan kenaikan nilai rupiah terhadp dolar adalah contoh ril yang dapat mempengaruhi bisnis. Ongkos produksi naik karena bahan baku semakin mahal, daya beli konsumen  turun adalah beberapa contoh pengaruh dari perubahan lingkungan bisnis.

Gambaran ini diberikan selama dikelas tadi yang langsung dirasakan oleh siswa. Oleh karena itu, perlu dipahami bagaimana membuat pemahaman yang baik terhadap bisnis dan lingkungan bisnis sehingga dapat memberikan value bagi perusahaan berupa profit, people, planet, sustainability dan juga bisnis yang tumbuh dan berkembang.

About merizahendri

Man with skill in Entrepreneurship, strategic management,

Posted on September 21, 2013, in Business and Environment. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: