MEMANFAATKAN NETWORKING


Liputan di http://www.juaranews.com, tanggal 16 September 2013

 MEMANFAATKAN NETWORKING

Meriza Hendri

Mahasiswa program Doktor Manajemen Unpad, pembina GIMB Foundation, dosen Universitas Widyatama, Bandung

 Sebagai bagian dari komunitas yang besar untuk mencapai tujuan entrepeneur sukses dan selaras dengan konsep portal juaranews, tentu harus mengoptimasi potensi yang ada di dalam dan diluar diri. Potensi yang menjadi kekuatan dan seringkali juga peluang, harusnya dapat berkontribusi positif pada pencapaian tujuan perusahaan.

            Salah satu potensi yang seringkali menjadi perhatian adalah networking atau jaringan dengan sesama pengusaha (entrepeneur). Hal ini menjadi potensi besar yang harus dikelola dengan baik. banyak hal yang bisa dikolaborasikan dengan sesama entrepeneur lainnya.

            Akan tetapi, seringkali entrepeneur kurang memanfaatkan apa yang ada dari aspek networking tersebut. bahkan, entrepreneur ada yang terjebak dalam situasi yang lebih banyak kepada kongkow-kongkow dengan teman-teman. Inilah yang harus menjadi perhatian.

            Kongkow-kongkow sih boleh saja, akan tetapi, bagaimana dengan manfaat yang seharusnya didapat dari networking tersebut? kongkow sih boleh-boleh saja, akan tetapi, jangan sampai larut dalam kegiatan karena ada dimensi lain yang perlu menjadi perhatian yaitu waktu yang bagi setiap entrepeneur memiliki keterbatasan. Jelas sekali, waktu tersebut sangat terbatas.

            Oleh karena itu, perlu diperhatikan beberapa hal sehubungan dengan networking ini. Tentu, tujuan utamanya adalah bagaimana networking bisa memberikan value yang optimal bagi pencapaian tujaun bisnis entrepreneur yaitu profit, people, planet, sustainability dan juga bisnis yang tumbuh dan berkembang.

            Pertama adalah bagaimana memilih komunitas yang relevan dengan bisnis yang dijalankan oleh para entrepeneur. Relevansinya ini sangat penting agar bisa memberikan value bagi pencapaian tujuan bisnis tersebut. sebagai contoh, bisnis yang saya jalankan adalah dibidang kursus atau pendidikan, maka komunitas yang diikuti adalah yang relevan dengan bidang ini.

            Inilah yang menjadi penting buat entrepeneur. Bergabung dengan HIPKI adalah komunitas yang paling bermanfaat untuk bisnis yang saya jalankan. Banyak informasi, saling berbagi dengan sesama entrepeneur lainnya untuk meningkatkan produktivitas bisnis kita.

            Kedua, memahami rules of the game dari komunitas tersebut. ini penting untuk membuat kesamaan persepsi atas harapan, hak dan kewajiban kita kepada komunitas. Jangan hanya menuntut hak, akan tetapi kurang peduli dengan kewajiban. Hati-hati karena tidak adanya keseimbangan akan menyebabkan teman-teman dikomunitas menjadi kurang simpati dengan kita.

            Seringkali banyak orang yang kurang memahami rule of the game dalam suatu komunitas, malah membuat mereka tidak bisa menjalankan apa yang seharusnya tugas dan kewajiban dalam komunitas tersebut. Dampaknya, terjadi “gesekan” dengan pengurus ataupun anggota komunitas lainnya. Ini tidak baik untuk entrepeneur dalam menjalankan bisnis.

            Ketiga, aktif dengan kegiatan komunitas. Aktivasi peranan kita dalam organisasi menjadi penting agar peranan kita jelas di organisasi. Bahkan hal ini akan membuat bagaimana teman-teman merasakan manfaat atas keberadaan kita dalam organisasi tersebut.

            Ingat, give and take, itu konsep yang harus dimiliki dan dijalankan dalam suatu komunitas. Beri dulu, baru ambil. Jangan dibalik, ambil dulu, baru beri. Kenapa demikian? Apa yang kita beri itu, akan menentukan apa yang kita dapatkan.

Konsep inilah yang perlu diperhatikan oleh para entrepeneur dalam membangun dan memanfaatkan networking untuk menjadi entrepeneur sukses. Bersama komunitas, entrepeneur akan tumbuh dan berkembang. Sukses ya buat kita semua….

About merizahendri

Man with skill in Entrepreneurship, strategic management,

Posted on September 21, 2013, in Management, Portal juaranews.com and tagged . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: