KNOWLEDGE BASED ENTREPRENEUR


Liputan di http://www.juaranews.com, tanggal 15 September 2013

KNOWLEDGE BASED ENTREPRENEUR

Meriza Hendri

Mahasiswa program Doktor Manajemen Unpad, pembina GIMB Foundation, dosen Universitas Widyatama, Bandung

            Menjadi entrepeneur yang sukses dalam bisnis adalah cita-cita setiap anak muda yang sudah memulai bisnis diusia muda. Entrepeneur yang sukses tersebut sangatlah penting sebagai indikator yang dapat diukur sehingga pada waktunya nanti, dapat dilihat sebagai capaian keberhasilan, bisa atau tidak.

            Bagi saya, entrepreneur sukses tersebut memiliki lima indikator yaitu bisnis yang dijalankan itu harus menghasilkan profit atau laba, memberikan kesejahteraan kepada masyarakat sekitar perusahaan, memberikan komitmen pada kelestarian lingkungan (planet), adanya sustainability dari bisnis tersebut serta tumbuh dan berkembangnya bisnis mereka, dari mikro, kecil, menengah dan besar.

            Itulah indikator yang saya tetapkan sebagai entrepeneur sukses dalam bisnis. Indikator tersebut menjadi acuan capaian keberhasilan mereka dalam bisnis sebagai bentuk entrepeneurship tersebut. penting untuk dipahami.

            Oleh karena itu, untuk mencapai indikator kesuksesan tersebut, setiap entrepreneur harus melakukan sesuatu yang paling penting yaitu knowledge based entrepeneur. Menjadi seorang entrepeneur itu harus dengan pengetahuan yang akan menjadi topangan dalam menjalankan bisnis.

            Pengetahuan tentang apa? Inilah pertanyaan yang harus dijawab dalam konteks pengetahuan tadi. Berdasarkan penelitian yang saya lakukan selama menjadi dossen dan juga memberikan pembinaan di GIMB Foundation terhadap anak muda yang berbisnis, terdapat beberapa pengetahuan dasar yang harus dimiliki dan dijalankan.

            Pertama, pengetahuan tentang entrepreneurship yaitu bagaimana sejarah entrepeneurship, konsep, karakteristik dan juga kompetensi yang harus dimiliki oleh setiap entrepeneur. Ini penting sekali untuk dipahami dengan baik agar setiap entrepeneur memahami hakekat seorang entrepeneur. Filosofis inilah yang sangat penting dan dipahami secara mendalam.

            Seringkali saya mendapatkan seorang entrepeneur yang kecewa dengan bisnis yang mereka jalankan. Kekecewaan dikarenakan tidak mampu mengantisipasi perubahan lingkungan bisnis. Kecewa dengan kegagalan selama berproses. Inilah yang menjadi kata kunci.

            Kedua, pengetahuan tentang bisnis. Seringkali orang terjebak dengan konsep entrepeneurship, akan tetapi, mereka memiliki keterbatasan dalam pemahaman bisnis. Dalam konteks entrepeneurship ini, konsep bisnis harus diketahui, dipahami, dihayati dan juga dilaksanakan.

            Bisnis bukanlah kegiatan sosial. Bisnis memiliki tujuan mendasar yang lima tadi, profit, people, planet, sustainability dan juga tumbuh dan berkembang. Dalam bisnis tersebut ada empat kegiatan utama yaitu keuangan, pemasaran, operasi dan sumber daya manusia. Sekarang, sejauh mana pemahaman setiap entrepeneur terhadap fungsi tersebut?

            Inilah yang harus dijawab oleh entrepeneur. Hal inilah yang relevan dengan pengetahuan ketiga, yaitu manajemen. Manajemen pada hakekatnya berhubungan dengan bagiamana seseorang bekerja dengan dan melalui orang lain untuk mencapai tujuan secara efektif dan efisien. Adapun fungsi manajemen, yang tempat tadi, keuangan, pemasaran, operasi dan sumber daya manusia.

Sekarang, bisa menjadi perhatian setiap entrepeneur bahwa pengetahuan tersebut sangat dibutuhkan untuk menjadi entrepeneur sukses. Mari belajar, belajar dan belajar ketika sudah menjadi entrepeneur agar menjadi entrepeneur sukses.

About merizahendri

Man with skill in Entrepreneurship, strategic management,

Posted on September 21, 2013, in Knowledge Management, Portal juaranews.com and tagged . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: