DREAM, BELIEF AND MAKE IT REAL


Liputan di http://www.juaranews.com, tanggal 17 September 2013

DREAM, BELIEF AND MAKE IT REAL

                                                            Meriza Hendri

Mahasiswa program Doktor Manajemen Unpad, pembina GIMB Foundation, dosen Universitas Widyatama, Bandung

Sebagai seorang yang ingin menjadi juara, saya tergelitik untuk menuliskan tulisan tentang dream, belief and make it real. Hal ini secara tidak sengaja saya lihat di papan iklan di salah satu sudut kota Bandung tadi pagi. Rasanya, konsep ini sangat relevan dengan para juara, khususnya yang membaca portal ini.

            Sebagai seseorang yang ingin mendapatkan sesuatu yang paling baik, atau menjadi yang terbaik, memiliki dream itu adalah sesuatu yang harus dimiliki terlebih dahulu. Dream atau mimpi akan menjadi bahan bakar untuk menjadi seorang juara, terlepas juaranya dibidang apa. Sama saja.

            Mimpi akan sesuatu di masa mendatang akan menjadi arahan dan guidance buat setiap orang. Akan tetapi, kenapa hal ini seringkali kurang diperhatikan oleh banyak orang? Mereka malah terkesan, berat sekali untuk bermimpi. Padahal, bermimpi tersebut gratis kan? Inilah yang kuran disadari oleh banyak orang.

            Mimpi akan menjadi bahan bakar dalam bekerja. mimpi akan mengarahkan setiap orang dalam bertindak dan berupaya untuk mencapainya. Mimpi untuk juara dalam lomba bisnis, mimpi untuk juara dalam lomba bahasa inggris, olah raga, ilmu pengetahuan dan lain-lain. Itu contohnya.

            Akan tetapi, memang mimpi tersebut tidak boleh asal-asalan. Bermimpilah menjadi sesuatu yang benar-benar kita senangi, atau yang kata orang sekarang ada passion dalam mimpi tersebut. selain itu, ada juga pengetahuan kita tentang apa yang kita mimpikan. Itu penting sekali. Agar mimpi memang relevan dengan apa yang kita miliki.

            Saya bermimpi untuk memiliki sekolah entrepeneurship dalam 10 tahun kedepan. Sekolah ini sudah bisa menghasilkan 10.000 pengusaha sukses dan terus berbagi dengan anak muda yang ingin sukses dalam bisnis. Itu mimpi saya karena saya senang dalam bidang pendidikan dan itu relevan dengan pengetahuan saya sebaga entrepeneur dan juga sebagai dosen.

            Yang kedua adalah belief. Harus percaya dengan apa yang kita mimpikan tersebut. seringkali orang tidak percaya dengan apa yang dimimpikan karena merasa tidak yakin akan capaian dari mimpi tersebut. padahal, kepercayan itu sangat penting untuk membuat setiap orang memulai untuk mencapainya.

            Banyak yang tidak percaya sehingga mereka seakan-akan ogah-ogahan dalam bekerja. ini yang membuat mimpi tidak akan terealisasi dengan baik. bagi saya, punya sekolah entrepeneur 10 tahun yang akan datang, akan bisa dicapai. Itulah kepercayaan saya kepada mimpi yang sudah saya buat. Jadi, untuk menjadi juara, kita harus percaya, dan bahkan yakin bisa mencapainya.

            Terakhir adalah make it real. Inilah yang menjadi titik crucial dalam pencapaian mimpi tadi. Mimpi tidak akan menjadi kenyataan tanpa adanya kerja keras dan kerja cerdas. Oleh karena itu, harus dijalankan beberapa tindakan dan program. Disinilah saya selalu menyebutnya kegiatan ini membutuhkan manajemen.

            Khusus bagi para entrepeneur, make it real ini relevan dengan bagaimana harus paham dengan bisnis dan konsep manajemen. Dalam bisnis, itu jelas apa itu definisi bisnis yang relevan dengan kegiatan keuangan, pemasaran, operasi dan sumber daya manusia. Tujuan akhirnya adalah profit.

            Adapun manajemen, dalam aplikasinya, harus memiliki perencanaan (planning), pengorganisasian (organizing), menjalankan (actuating) dan pengendalian atau controlling.. jadi, sederhana mungkin untuk make it real, akan tetapi sangat dibutuhkan manajemen untuk merealisasikannya.

            Bagi saya, untuk memiliki sekolah tadi, dari sekarang, saya sudah membuat perencanaan selama 10 tahun kedepan, membuat program, memiliki tim, menjalankan dan terus melakukan evaluasi untuk mencapainya. Inilah yang sangat penting yang harus saya lakukan.

            Sekarang, jelas bahwa statement dari papan iklan tadi adalah benar bahwa dream, belief and make it real akan mampu membuat kita menjadi juara…..

About merizahendri

Man with skill in Entrepreneurship, strategic management,

Posted on September 21, 2013, in Entrepreneurship, Portal juaranews.com and tagged . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: