BRAINSTORMING MENINGKATKAN KREATIVITAS SEORANG ENTREPRENEUR


Liputan di http://www.juaranews.com, tanggal 13 September 2013

BRAINSTORMING MENINGKATKAN KREATIVITAS SEORANG ENTREPRENEUR

Meriza Hendri

Mahasiswa program Doktor Manajemen Unpad, pembina GIMB Foundation, dosen Universitas Widyatama, Bandung

            Hari ini saya mendapatkan pengalaman yang sangat berharga dalam menjalankan bisnis. Pengalaman yang sangat memberikan kesan positif karena value yang didapatkan juga sangat dahsyat. Pengalaman ini berhubungan dengan brainstorming tentang suatu hal yang berhubungan dengan kegiatan bisnis.

Meskipun saya sedang sakit, akan tetapi, saya mendapatkan sharing dengan tim GIMB Foundation. Setiap orang memberikan pemikiran, konsep dan peluang serta potensi yang mereka miliki. Itu semua keluar selama proses brainstorming tersebut. jelas ini sangat tak terduga.

The power of mind dari setiap anggota tim keluar dan memberikan kontribusi yang sangat signifikan bagi pengembangan ide. Inilah yang saya temukan dalam konsep kreativitas menjadi berkembang dalam suatu kelompok. Tidak cukup hanya berfikir sendiri tentang suatu permasalahan, akan tetapi, dengan kelompok, akan banyak ide-ide yang muncul.

Kembali ke konsep kreativitas, yang bagi saya adalah relevan dengan kemampuan seseorang untuk mengembangkan ide-ide yang bertujuan untuk memecahkan masalah dan bahkan menemukan peluang dari setiap masalah tersebut. jelas sekali, kalau kreativitas tersebut berhubungan dengan ide-ide.

Brainstorming menjadi salah satu cara untuk mengembangkan ide-ide dalam memecahkan suatu masalah. Tadi sore, saya mencoba untuk menjadi moderator dalam proses brainstorming tersebut, dan Alhamdulillah, didapatkan berbagai ide-ide yang relevan dalam pemecahan masalah yang sedang dihadapi.

Pertama yang saya lakukan adalah menetapkan atau mengidentifikasi masalah/problem identification. Tahap ini menjadi sangat penting karena inilah awal dalam pemecahan masalah. Identifikasi masalah dengan melihat gap atau kesenjangan antara yang diharapkan dengan yang sedang terjadi.

Bagi saya, problem identification yang benar, sudah menyelesaikan 50% dari masalah yang dihadapi. Ini penting sekali dalam brainstorming.

Kedua, menunggu berbagai saran atau ide dari teman-teman untuk memecahkan masalah tersebut. kebebasan dalam mengeluarkan ide bagi setiap orang yang terlibat dalam brainstorming ini adalah kata kunci keberhasilan kegiatan ini. Saya memberikan kesempatan setiap orang-orang dalam tim untuk berbicara dan mengutarakan ide-ide mereka. dahsyat sekali, berbagai ide yang tidak terpikirkan oleh saya, disampaikan oleh teman-teman.

Ketiga adalah melakukan evaluasi dari setiap ide yang sudah disampaikan. Evaluasi ini didasarkan pada pertimbangan benefit/cost dari setiap saran. Inilah yang menjadi kata kunci untuk memilih ide yang paling baik dalam memecahkan masalah. Setiap orang dalam tim juga diberikan kebebasan dalam memberikan penilaian benefit/cost tersebut.

Dari evaluasi tadi, masuk ketahap keempat, memilih satu dari alternatif ide tadi sebagai keputusan untuk diambil agar bisa memecahkan masalah. Keputusan yang sudah jauh lebih baik daripada dibuat sendiri.

Berangkat dari cerita di atas, dapat dirasakan bagaimana kreativitas tersebut dapat dikembangkan dengan menggunakan brainstorming dan kualitas dari ide-ide yang akan diambilpun jauh lebih baik daripada ide-ide tersebut difikirkan sendiri. inilah pelajaran yang saya dapatkan hari ini.

            Bagi para entrepreneur, sudah menjadi kewajiban untuk terus mengembangkan kreativitas tersebut karena itu menjadi karakteristik utama dari setiap entrepreneur untuk sukses dalam bisnis. Apalagi buat anak muda, sangat memungkinkan untuk memiliki ide-ide bisnis yang kreatif. Sukses terus ya….

About merizahendri

Man with skill in Entrepreneurship, strategic management,

Posted on September 21, 2013, in Management, Portal juaranews.com and tagged , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: