BANDUNG JUARA


BANDUNG JUARA

                                                                 Meriza Hendri

Mahasiswa program Doktor Manajemen Unpad, pembina GIMB Foundation, dosen Universitas Widyatama, Bandung

 Kalimat inilah yang seringkali diucapkan Ridwan Kamil atau Kang Emil saat menjelang dan setelah pelantikan sebagai walikota Bandung periode 2013 – 2018. Bagaimana menjadikan Bandung Juara.

          Rasanya, dua kata ini sangat relevan dengan portal juaranews. Saya tidak tahu apakah ini berhubungan atau tidak dalam hal pembuatannya. Akan tetapi, jelas sekali kalau kata-katanya memiliki kesamaan dan hubungan yang erat.

            Saya yakin, portal juaranews akan memberikan warna sendiri dan berkontribusi pada pencapaian Bandung Juara tersebut. jelas, tidak bisa Kang Emil mencapai hal tersebut sendiri. membutuhkan kontribusi dari seluruh stakeholder di Kota Bandung.

            Lalu, apa relevansinya kepada entrepeneur? Rasanya, ini adalah kesempatan yang sangat berharga. Jangan disia-siakan. Peluang atau opportunity ini tidak akan datang dua kali. Harus langsung ditangkap. Apa saja itu?

            Pertama, peluang dari Kang Emil. Adanya konsep Bandung Juara adalah komitmen dari Pemerintah sebagai regulator dalam suatu pemerintahan. Sebagai contoh, untuk entrepeneurship. Bandung bisa menjadi juaranya dengan menciptakan entrepeneur yang sukses dari kualitas maupun kuantitasnya.

            Dukungan pemerintah sangat dibutuhkan dalam bentuk regulasi yang relevan dengan penciptaan dan pengembangan entrepreneur di Kota Kembang ini. Sisi regulasi yang memudahkan pengurusan ijin, pengurusan berbagai dokumen usaha sangat membantu entrepeneur. Inilah yang banyak dikeluhkan oleh para entrepeneur.

            Dengan komitmen Kang Emil, tentu beliau akan memberikan perhatian khusus untuk menjadikan Bandung juara di aspek atau dibidang entrepeneurship.

            Selain itu, dari aspek leadership Kang Emil, rasanya akan sangat memberikan peluang untuk pengembangan entrepeneur tersebut. kemampuan beliau mempengaruhi orang lain serta leading by example adalah modal dasar untuk membangun Bandung Juara dalam entrepeneurship.

            Satu lagi, beliau juga sebagai seorang akademisi. Tentu menjadi modal untuk mendukung entrepeneur terus maju dan sukses dalam bisnis. Konsep dan ide beliau pasti didukung oleh teori-teori yang relevan. Dahsyat sekali dalam diri seorang kang Emil.

            Bagi saya, komponen ABG yaitu Academician, Business dan Government  ada dalam diri Kang Emil. Beliau adalah dosen di ITB yang pastinya sudah kaya dengan konsep dan teori untuk  mengembangkan entrepreneur.

            Lalu, beliau juga pasti sudah menjadi pebisnis. Lihat saja karya-karya beliau yang sudah dinikmati oleh banyak orang. Sekarang, beliau sudah menjadi government atau pemerintah. Jelas sekali beliau pegang kendali untuk regulasi pengembangan  entrepeneur.

            Sekarang, buat para entrepeneur, saatnya untuk mengembangkan diri dan bisnis sehingga peluang yang ada di Kang Emil tersebut bisa bermanfaat.

            Kedua, keberadaan Portal Juaranews.com ini sangat membantu pencapaian juara tersebut. Portal ini menjadi strategic partner dalam mengembangkan usaha. Banyak keluhan dari entrepeneur ketika mereka tidak bisa berhubungan dengan media. Ini adalah kesempatan yang diberikan oleh manajemen portal ini.

            Kolaborasi kang Emil dan portal ini akan mampu membuat bisnis para entrepeneur berkembang pesat dan benar-benar menjadi juara. Kedua hal ini adalah peluang yang harus dimanfaatkan secara optimal.

            Oleh karena itu, saatnya bagi entrepreneur di Bandung untuk berkontribusi mencapai Bandung Juara dibidang bisnis. Mari kembangkan bisnis menjadi bisnis yang memberikan profit, people, planet, sustainability serta tumbuh dan berkembang.

About merizahendri

Man with skill in Entrepreneurship, strategic management,

Posted on September 21, 2013, in Entrepreneurship, Portal juaranews.com and tagged . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: