PERSONAL KNOWLEDGE MANAGEMENT


Semalam, saya membaca-baca satu tulisan dari teman yang berjudul personal knowledge management. Hmmmm….. konsep baru lagi nih. Selama ini orang lebih mengenal knowledge management unk perusahaan ataupun organisasi untuk menoptimasi pencapaian tujuan perusahaan. oleh karena itu, dikelola pengetahuan yang ada di perusahaan mereka.

Akan tetapi, saya mendapatkan konsep baru lagi dan sekarang beliau sudah sampai pada penulisan buku tentang personal knowedge management. Mungkin karena saya baru kenal aja konsep ini, terkesan baru, akan tetapi setelah saya dalami, sebenarnya sederhana dan mudah untuk diketahui, pahami, hayati, dilasakanan dan diperbaiki terus menerus.

Secara mendasar, setiap orang memiliki pengetahuan yang dapat di create melalui panca indera, pengalaman, membaca buku dan lain-lain. Akan tetapi, seringkali mereka kurang mengelola dengan baik. buku-buku yang dibaca tidak fokus, artinya suka berganti-ganti tema. Hari ni buku cerita, bersok lain lagi. Demikian juga baca koran, majalah, jurnal dan lain-lain.

Ataupun aktivitas mereka tidak fokus untuk satu kegiatan. Sering ganti-ganti. Hari ini mengerjakan A, besok B,C, D dan lain-lain. Demikian juga dengan bisnis. Akhirnya, tidak mendapatkan kedalaman dalam suatu pengetahuan dari panca indera, bacaan dan juga pengalaman.

Padahal, dalam knowledge management, pengetahuan itu di create, di structure, di share dan di apply, apalagi pengetahuan tentang bisnis. Ini akan selalu berkembang terus dan akan menjadi seperti snowball.

Relevansinya dengan kita adalah bagaimana kita mulai memilih pengetahuan apa yang akan kita dalami. Sebagai contoh, sebagai pengusaha, jelas pengetahuan yang harus kita kelola seputar entrepeneurship, bisnis dan lingkungan bisnis, manajemen yang kemudian dipecah lagi manajemen strategic, finance dan accounting, marketing, operation, sumber daya manusia dan IT.

 Itu adalah knowledge yang harus di create, di structure, dishare, di apply dalam bisnis. Ini akan menjadi personal knowledge yang sangat kuat dan terus membesar sehingga kita bisa membuat bisnis tersebut menghasilkan profit, people, planet, sustainability dan terus tumbuh dan berkembang dari mikro, kecil, menengah dan besar. …… itu dulu ya, selamat mengelola pengetahuan pribadi (personal knowledge management, mau jalan dulu, diusir tukang parkir….he2.sukse buat kita hari ini…..

About merizahendri

Man with skill in Entrepreneurship, strategic management,

Posted on September 18, 2013, in Knowledge Management and tagged , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: