BEYOND EXPECTATIONS 2


Hmm….Alhamdulillah dan terima kasih kepada teman-teman yang sudah memberikan respon kepada bahasan dan tulisan kemaren. Tidak menyangka, saya mendapatkan banyak respon dan masukan tentang tulisan yg berjudul beyond expectation. Sederhana, akan tetapi sangat penting untuk dipahami oleh entrepreneur dalam menjalankan bisnisnya.

Saya fokus pada satu komentar kemaren yaitu apa faktor yang paling penting dalam hubungannya dengan expectation tersebut. karena kalau dilihat, expectation menjadi kata kunci untuk menghasilkan kepuasan pelanggan yang merupakan hasil dari pemenuhan konsep beyond expectation tersebut. jelas sekali ini perlu mendapatkan perhatian.

Expectation merupakan harapan yang sudah terbangun di benak konsumen. Harapan yang sudah terbentuk dan menjadi standar minimal yang harus dipenuhi oleh entrepeneur. Berdasarkan pengamatan, pengalaman dan konsep dasarnya, harapan tersebut dibentuk oleh dua hal yang utama yaitu pengetahuan dan pengalaman.

Pengetahuan ini yang didapatkan oleh konsumen, akan membentuk harapan tersebut. kalau boleh dianalisis, pengetahuan tersebut berasal dari apa yang disampaikan oleh perusahaan ataupun dari orang sekitar konsumen kita. Bentuk yang berasal dari perusahaan adalah janji berupa promosi yang disampaikan kepada konsumen. Hati-hati dengan janji tersebut.

Janji adalah hutang. Memang benar. Janji akan membentuk pengetahuan dibenak konsumen. Inilah yang seringkali kurang disadari oleh entrepeneur. Kebanyakan janji, akan membentuk harapan yang akan banyak juga. Oleh karena itu, jangan terlalu banyak janji dan kudu disesuaikan dengan kemampuan kita memberikan janji tersebut.

Demikian juga dengan orang sekitar konsumen, itu akan membentuk harapan juga. Informasi dari lingkungan mereka akan secara sadar atau tidak sadar, akan membentuk pengetahuan kembali. Oleh karena itu, seorang entrepeneur perlu mengetahui apa yang ada disekitar konsumen. Khususnya isu-isu yang berkembang.

Pengalaman juga membentu ekspektasi konsumen. Pengalaman melalui panca indera akan sangat mempengaruhi konsumen tersebut. realistislah dalam membangun pengalaman mereka. jangan berlebihan agar tidak terbentuk harapan yang berlebihan juga.

Itu dulu ya… selamat bekerja disenin ini..sukses buat kita semua

About merizahendri

Man with skill in Entrepreneurship, strategic management,

Posted on September 16, 2013, in Marketing Management and tagged . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: