BEYOND EXPECTATION


Sharing

Sharing

Dalam kelas kemaren, bahasan yang sangat mendapatkan perhatian para siswa GIMB Entrepeneur School adalah masalah kepuasan pelanggan. Kepuasan pelanggan ini dibahas sehubungan dengan bisnis yang mereka jalankan, baik produk berupa barang ataupun jasa. Sama saja bagi entrepeneur.

Kepuasan pelanggan menjadi sangat penting sebagai salah satu upaya mencapai competitive advantage ditengah tingginya persaingan saat ini. Satu orang konsumen diharapkan bisa mencapai kepuasan setelah mendapatkan produk dari kita. itu kata kuncinya.

Adapun hubungan antara kepuasan pelanggan dengan konsep beyond expecation adalah bagaiaman setiap entrepreneur meberikan kinerja produk dan layanan diatas harapan konsumen kita. beyond expectation, melebih harapan konsumen. Inilah yang relevan dengan konsep kepuasan pelanggan.

Kemaren saya mencoba menerapkan konsep ini sebagai contoh kepada para siswa. Dengan contoh langsung, mereka akan lebih mudah memahami apa makna konsep tersebut. saya mencoba memberikan janji untuk memberikan metode pengajaran yang bisa membuat mereka mengerti dengan konsep tersebut.

 Janji itu adalah bentuk dari expectation yang ada dibenak konsumen. Harapan itu dibentuk dari promosi, ataupun janji kepada mereka. inilah kuncinya. Hati-hati berjanji kepada konsumen. Ketika sudah menjadi expectation, akan menjadi tanggung jawab entrepeneur untuk memenuhinya.

 Minimal, kinerja produk harus sama atau melebihi (beyond) harapan konsumen. Inilah kata kuncinya. Alhamdulillah, kemaren, saya memberikan metode pengajaran yang membuat mereka mengerti. Upaya kita untuk memenuhinya inilah yang harus menjadi perhatian.

 Jadi, buat entrepeneur, konsep beyond expectation perlu menjadi perhatian untuk setiap produk, baik berupa barang ataupun jasa yang diberikan kepada konsumen. Tujuannya adalah mereka mencapai kepuasan atas produk tersebut. inilah yang akan menjadi keunggulan bersaing perusahaan nantinya.

About merizahendri

Man with skill in Entrepreneurship, strategic management,

Posted on September 15, 2013, in Marketing Management and tagged . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: