WALK THE TALK


Waktunya presentasi

Waktunya presentasi

Konsep ini benar-benar terasa ketika saya memimpin kelas yang saya ajar selama satu semester ini. Mahasiswa sangat membutuhkan kepemiimpinan yang efektif agar mereka mau menjalankan apa yang diajarkan dikelas. Selain itu, mereka juga terbiasa untuk mengikuti apa yang sudah disepakati dengan dosen.

Pelajaran inilah yang saya dapatkan dikelas. Bagi saya, sebagai dosen, tidak mau seperti orang yang selalu marah-marah dan membentak siswa. Itu bukan jamannya lagi. Mereka sudah dewasa dan memiliki fikiran untuk berikir lebih baik untuk diri sendirii dan juga orang lain. Tidak seperti anak-anak.

Hal mendasar yang saya gunakan dalam memimpin mereka adalah konsep walk the talk. Saya mendapatkan konsep ini setelah membaca beberapa buku dan pengalaman manajer dalam memimpin bawahan mereka. konsep walk the talk sangat sederhana, bagaimana kita sebagai pemimpinmenjalankan apa yang kita rencanakan dan yang kita ucapkan.

Jangan hanya bersifat omdo. Atau yang lebih dikenal dengan omong doang. Ini tidak boleh. Seorang pemimpin yang lebih suka omdo, akan terjebak kepada kondisi yang saya sebut sebagai pemimpin, tapi tidak memimpin. Kenapa demikian? Ini terjadi karena mereka tidak dipandang oleh bawahan dalam memipin.

Bila kita bisa menjalankan walk the talk, akan bisa membuat orang hyang kita pimpin merasakan ada tauladan yang mereka dpaatkan dari seorang pemimpin. Inilah intisari dari kepemimpinan tersebut yang berasal dari pengaruh yang keluar dari setiap individu.

Jadi, walk the talk, insya Allah akan membuat kita bisa menjadi pemimpin yang efektif dan bica mencapai tujuan melalui bawahan secara efektif dan efisien. Itu yang paling penting.

About merizahendri

Man with skill in Entrepreneurship, strategic management,

Posted on September 13, 2013, in Leadership and Followership and tagged . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: