MAU BERAPA NILAI RUPIAH TERHADAP DOLAR?


Penjelasan tim

Penjelasan tim

Pertanyaan ini menghantui benak para entrepreneur saat ini. Pertanyaan yang sangat berpengaruh kepada jalannya bisnis yang mereka jalankan. Tidak terkecuali juga para pelaku bisnis yang bergerak di bidang jasa. Mereka juga bertanya, pa meriza, mau berapa nilai rupiah terhadap dolar?

Inilah salah satu bentuk perubahan lingkungan eksternal yang sangat drastis yang sedang dihadapi oleh para entrepreneur. perubahan nilai tukar rupiah terhadap dolar karena berdampak pada kegiatan bisnis secara keseluruhan, tidak hanya internal perusahaan, akan tetapi juga eksternal perusahaan para entrepreneur.

Pelemahan nilai mata uang rupiah ini adalah bentuk dari perubahan lingkungan ekonomi yang dipengaruhi oleh lingkungan global saat ini. Lingkungan global sangat berperan dalam pelemahan nilai tukar rupiah. Suka tidak suka, lingkungan globa benar-benar mempengaruhi lingkungan domestik setiap negara, apalagi dalam lingkungan bisnis.

Kemudian, untuk menjawab pertanyaan tersebut, saya mencoba untuk melakukan analisis. Bagi entrepreneur, tidak masalah berapapun harga atau nilai tukar rupiah tersebut terhadap dolar. Karena itu memang suatu kejadian yang tidak bisa ditolak ataupun dianggap sebagai sesuatu yagn tidak ada. Itu pasti terjadi.

Yang sangat penting bagi para entrepreneur adalah kepastian dan stabilitas nilai tukar rupiah tersebus terhadap dolar. Sampai dimana titik rupiah tidak berubah, dalam artian tidak naik dan turun secara drastis. Kenapa demikian? Hal ini berhubungan dengan penghitungan cost dan benefit atassetiap kegiatan bisnis dalam perusahaan tersebut.

Kalau sudah pasti nilai rupiah terhadap dolar, artinya tidak berubah-rubah secara signifikan, maka entrepreneur bisa menetapkan harga terhadap suatu produk dan juga memperhitungkan labanya. Ini yang paling penting bagi entrepreneur. jangan sampai mereka membeli bahan baku lebih tinggi daripada harga jual sehingga mereka tidak bisa berproduksi lagi.

About merizahendri

Man with skill in Entrepreneurship, strategic management,

Posted on September 13, 2013, in Business and Environment and tagged . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: