EVALUATION AND CONTROLLING LAGI YA….


Mengajar

Mengajar

Dalam membaca duku yang berhubungan dengan crisis to win kemaren, saya menjadi teringat, bagaimana peranan evaluasi dan pengendalian terhadap bisnis para entrepreneur. tahap terakhir dalam fungsi POAC ini adalah sangat penting untuk menjamin sustainability dan suksesnya bisnis entrepreneur.

Berdasarkan pengamatan dan analisis yang saya lakukan, tahapan ini adalah tahapan yang paling lemah yang dikerjakan dalam manajemen setiap entrepreneur. tahapn ini terkesan tahapan yang seringkali ditinggalkan dan tidak perlu dilakukan. padahal, tahapan ini adalah tahapan yang menentukan keberhasilan bisnis itu sendiri.

Apalagi dalam kondisi krisis saat ini. Evaluasi atas apa yang sedang terjadi dalam bisnis dan lingkungan bisnis akan menentukan arahan keputusan yang  akan dibuat. Evaluasi ini akan memperlihatkan bagiamana kondisi ril dari setiap entrepreneur dan bisnsi mereka. jelas didapatkan gambaran apa adanya dari bisnis tersebut dan tidak bisa dipungkiri akan hal ini. Setiap entrepreneur harus melakukan evaluasi dengan baik.

Untuk melakukan evaluasi, entrepreneur dapat melihat indikator-indikator yang melekat pada setiap aspek dalam bisnis mereka. aspek yang paling penting adalah bagaimana kinerja perusahaan saat ini. Bagiamana kondisi keuangan, pemasaran, operasi dan sumber daya manusia saat ini.

Evaluasi akan faktor internal akan menentukan arah tentang bagaimana kekuatan dan kelehaman para entrepreneur dalam bisnis. Itu point pertama,

Evaluasi kedua adalah dengan melihat lingkungan eskternal yang terdiri dari mikro dan makro. Dalam lingkungan eksternal mikro, dapat dilihat dan dievaluasi tentang konsumen kita, pesaing, distributor dan juga supplier yang memberikan produk atau bahan baku kepada perusahaan.

Lain hal nya dengan lingkungan eksternal makro yang berhubungan dengan perubahan lingkungan politik, ekonomi, sosial, budaya dan teknologi. Satu lagi yang paling penting adalah lingkungan global yang jelas sekali saat ini berpengaruh terhadap lingkungan perusahaan . penting untuk memberikan perhatian khusus kepada lingkungan global ini.

 Sekarang, sudah tidak ada lagi tawar menawar tentang kondisi bisnis dan lingkungan bisnis yang selalu berubah. Marilah kita fokus kepada evaluasi atas kondisi tersebut dan nantinya mencari alternatif yang terbaik dalam konteks perbaikan terus menerus untuk setiap kegiatan dalam bisnis. Penting untuk diingat, jangan sering merubah sesuatu yang sudah direncanakan karena hasilnya tidak bisa dicapai dan diukur.

Akan tetapi, mulailah untuk mengevaluasi dan mengontrol apa yang sudah direncanakan dan dijalankan untuk diambil tindakan perbaikan.

About merizahendri

Man with skill in Entrepreneurship, strategic management,

Posted on September 13, 2013, in Management and tagged . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: