CRISIS TO WIN


Penjelasan dari Manager HRD

Penjelasan dari Manager HRD

Kemaren sore, sempat mampir ke gramedia merdeka karena haus dengan buku yang bisa nge-charge otak ni. Ngga sengaja, dapat buku yang berujudul crisis to win, karangan salim kartono, ceo DRTV group. Wah, kebetulan sekali dapat buku ini karena relevan dengan kondisi ekonomi saat ini yang mungkin pemerintah belum sebut sebagai krisis, tetapi bagi saya sudah krisis.

Karena dalam konteks ekonomi, krisis tersebut sudah terjadi perubahan ekonomi yang tiba-tiba. Tetapi, terlepas perdebatan sudah atau belum krisis, yang nyatanya saat ini ekonomi sedang goyang. Indikatornya, nilai tukar rupiah yang melemah terhadap dolar amerika, inflasi yang tingggi.

Kembali ke buku tadi, ada satu pesan utama yang didapat bagaimana setiap entrepreneur menghadapi krisis ini adalah sesuatu yang biasa. karena bisnis itu berada dalam lingkungan bisnis yang berubah. Salahsatunya adalah krisis ini. Ini adalah bagian dari kondisi yang harus dihadapi oleh entrepreneur.

Akan tetapi, bagaimana caranya? Pesan buku ini adalah meningkatkan kapabilitas diri dan bisnis kita sendiri. Saatnya mengambil strategi stability dan mengukur kembali kekuatan dan kelemahan diri dan perusahaan.

Apa artinya? Bagi saya, kapabilitas itu adalah kekuatan dan kemampuan untuk mencapai tujuan. Jelas sudah. Saatnya entrepreneur kembali kepada kekuatan dan kemampuan utamanya. Kalau dalam bisnis, core business mereka. Setelah ditu, kekuatan tersebut ditingkatkan dengan baca buku, training, belajar dan relevan dengan konsep knowledge based entrepreneur.

Akhirnya, saya teringat dengan konsep distinguished capability, yang dimana kapabilitas tersebut unggul dari pesaing, sehingga kita bisa melewati krisis ini dengan menjadi pemenang. Crises to win. itu dulu ya, mau ngajar. Sukses buat kita semua hari ini.

About merizahendri

Man with skill in Entrepreneurship, strategic management,

Posted on September 12, 2013, in Strategic Management and tagged , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: