JANGAN PERNAH BERHENTI UNTUK BERINOVASI


presentasi

presentasi

Inilah kalimat yang saya dapatkan hari ini bagiamana inovasi itu menjadi ruhnya setiap entrepreneur dalam menjalankan bisnis mereka. ini penting untuk menjadi pemahaman yang mendasar bagi para entrepreneur tersebut.

Innovation or die, itulah judul suatu buku yang memberikan inspirasi bagi saya untuk menekankan inovasi itu penting bagi para entrepreneur. inovasi yang dimulai dari kreativitas dengan memperhatikan need, want dan demand dari pasar dan menjadikan ide tersebut dapat diterima pasar. Inilah awal dari inovasi tersebut.

Kreativitas tanpa memperhatikan pasar itu menjadi percuma karena tidak diterima oleh pasar itu sendiri. oleh karena itu, menjadi tanggung jawab entrepreneur itu sendiri untuk terus mengembangkan ide-ide mereka dan dapat menjawab need, want dan demand pasar itu sendiri.

Kesesuaian antara permintaan pasar dengan ide-ide kita akan memudahkan pencapaian keberhasilan dari setiap entrepreneur dalam berusaha. Lalu, apa saja yang bisa kita lakukan inovasi daalam bisnis tersebut? hal-hal apasaja yang bisa diinovasikan?

Pertanyaan ini sangat menarik. Bagi saya, inovasi tersebut dapat dilakukan pada ber bagai bagian dari bisnis para entrepreneur. ini sangat penting untuk dipahami. Dalam konteks ini, jelas sekali bagaimana kita memahami proses bisnis yang ada pada setiap entrepreneur.

Sebagai contoh, inovasi dapat dilakukan pada produk, yang merupakan segala sesuatu yang dapat ditwarkan kepada konsumen dan membuat mereka puas. Jadi, inovasi dapat dilakukan dalam produk yang ditawarkan kepada konsumen.

Inovasi tersebut juga bisa dilakukan melalui proses bisnis yang ada dalam bisnis entrepreneur. intinya disini adalah bagaimana proses bisnis ini dapat meningkatkan kepuasan konsumen atau pelanggan. Proses bisnis inilah yang menjadi perhatian utama dalam melakukan inovasi.

Inovasi dilakukan juga pada setiap karyawan yang ada dalam perusahaan. inovasi dalam pengembangan knowledge, skill dan attitude atau yang lebih dikenal dengan KSA. Inovasi menjadi penting untuk peningkatkan KSA karyawan. ini bisa dilakukan oleh para entrepreneur. merekalah yang menjadi pelaku dalam kegiatan bisnis.

Inovasi juga dilakukan terhadap struktur organisasi yang ada dalam perusahaan atau bisnis. Struktur organisasi ini ditujukan untuk meningkatkan layanan kepada konsumen. Inilah yang menjadi penting diperhatikan dalam konteks inovasi bagi para entrepeneur.

About merizahendri

Man with skill in Entrepreneurship, strategic management,

Posted on September 11, 2013, in Creativity and Innovation and tagged , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: