MENINGKATKAN KREATIVITAS DENGAN MEMBACA BUKU


Berbagi

Berbagi

Kalimat tersebut saya dapatkan ketika membaca sebuah artikel di salah satu media nasional kemaren. konteksnya adalah bagaimana mendorong setiap entrepreneur untuk menjadi seseorang yang menghasilkan ide-ide kreatif nya dalam menjalankan bisnis.

Bagi mereka, kreatifitas adalah kata kunci bagi setiap entrepreneur dalam berbisnis. Kata kunci ini menjadi harga mati bagi setiap entrepreneur. bagaimana caranya? selama ini, yang saya lakukan adalah dengan membaca buku-buku tentang manajemen, bisnis, psikologi, antropologi dan juga sosiologi.
Tema-tema yang terkait dalam buku tersebut sangat relevan dengan bisnis yang dijalankan oleh setiap entrepreneur. Konteks bisnis ini adalah termasuk bisnis itu sendiri dan juga yang paling penting adalah konteks lingkungan bisnis dimana bisnis tersebut berada. Selalau ada masalah dalam hal ini sehingga kreativitas sangat dibutuhkan oleh para entrepreneur untuk mendapatkan ide-ide dalam memecahkan masalah tersebut.
kenapa butuh buku bisnis? itu penting sekali karena entrepreneur tersebut harus paham dengan apa itu bisnis dan lingkungan bisnis mereka. konteks ini juga berhubungan dengan ekonomi makro dan ekonomi mikro. kenapa butuh baca buku manajemen? karena bisnis tersebut dikelola dan terdiri dari banyak resources.
Kenapa buku psikologi? karena bisnis kita melibatkan individu-individu sebagai pelaku dalam bisnis tersebut. Oleh karena itu, setiap individu harus dipahami persepsinya, motivasinya, learning nya, personality nya, serta attitude nya. agar mereka mau bekerja dan berproduktivitas dengan baik.
Kenapa butuh sosiologi? karena ada hubungan antar individu yang secara sederhana, terdiri dari damai dan konflik. itu aja. tugas setiap entrepreneur memahami hubungan tersebut. Kenapa antropologi? karena manusia itu berkelompok dan memiliki belief, value, bahasa, komunikasi, religion dalam perusahaan. Faktor inilah yang sering disebut corporate culture.
Dengan membaca buku-buku ini, akan  terus meningkatkan kreativitas setiap entrepreneur untuk menghasilkan ide-ide. sukses ya buat kita hari ini.

About merizahendri

Man with skill in Entrepreneurship, strategic management,

Posted on September 10, 2013, in Management and tagged . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: