BERSAING DENGAN MEMANFAATKAN IT


Di kelas

Di kelas

Dalam salah satu kesempatan, menteri KUMKM, menyatakan bahwa bahwa pelaku UMKM diharapkan untuk memanfaatkan teknologi informasi untuk menumbuhkembangkan bisnis mereka. jelas sekali pernyataan ini relevan dengan proses bisnis yang seringkali dihadapi oleh para entrepreneur.

Berbicara tentang IT, tentulah orang sering berasumsi, ini adalah mahal. Susah diterapkan. Setelah berinvestasi, akan banyak kebutuhan untuk menjalankannya. Berbagai argumentasi yang akan diberikan oleh para entrepreneur sehubungan dengan kondisi ini.

Jelas sekalii hal ini perlu diluruskan untuk membuat persepsi yang lebih baik bagi para entrepreneur. memang IT masih rendah diserap leh para entrepreneur dalam menjalankan bisnis tersebut. akan tetapi, hal ini perlu disadarkan agar mereka mulai memanfaatkan IT tersebut.

Yang paling dekat dengap para entrepreneur adalah website atau internet yang sudah tidak asing lagi bagi para entrepreneur. media ini harus dimanfaatkan dengan baik. bagi saya, pemanfaatkan internet dalam bisnis masih sangat rendah sehingga tidak memberikan kontribusi yang optimal bagi para entrepreneur.

Sebagai contoh, kemaren, saya mendapatkan program yang bisa dimanfaatkan untuk memodelkan bisnis para entrepreneur. selama ini, pola pikir yang digunakan adalah masih sangat manual. Sehingga banyak opportunity yang lepas begitu saja. Tidak banyak yang dimanfaatkan. Akan tetapi,dengan model bisnis tadi bisa diminimalisir biaya yang  tiimbul.

Apa yang harus dilakukan? perlu memahami proses binis kita, itu adalah langkah awal yang harus dilakukan oleh para entrepreneur. proses bisnis tersebut harus dimapping atau dipetakan dengan baik sehingga mampu melihat secara keseluruhan proses bisnis yang ada.

Selanjutnya adalah bagaimana memanfaatkan IT yang salah satunya internet bagi proses bisnis kita tersebut. yang paling dekat adalah bagaimana mempromosikan produk melalui web atau blog. Ini yang seringkali dilupakan oleh para entrepreneur dalam berbisnis. Saya kurang melihat bagaimana entrepreneur belum memanfaatkan web tersebut dalamb erbisnis.

Bisa dicek, sudah berapa banyak entrepreneur memiliki blog atau web dalam bisnis mereka? masih sangat minim sekali. Jelas hal ini sangat merugikan para entrepreneur dalam berbisnis.

Web akan memberikan priceless value bagi entrepreneur dalam mengembangkan bisnis mereka. jadi, manfaatkan dulu web tesebut dan kelola dengan baik. pengalaman mengunjukkan bagaiimana web memberikan value yang sangat berarti bagi bisnis yang kita jalankan.

Bagimana dengan yang lainnya? Seringkali kita melihat  banyak software yang sudah dijual denganharga yang tidak terlalu tinggi di dunia bisnis saat ini. Software akuntansi sebagai salah satu contohnya. Perlu diingat, akuntansi adalah bahasa bisnis dan harus dipahami dengan baik.

Dengan memanfaatkan sofware ini, akan membantu proses binis dengan baik dan tujuan bisnis itu sendiri akan lebih mudah dicapai. Apalagi kualitasnya akan jauh lebih baik. oelh karena itu, jelas sekali bagaimana setiap entrepreneur mulai peduli dengan IT tersebut.

About merizahendri

Man with skill in Entrepreneurship, strategic management,

Posted on September 10, 2013, in Technology and tagged . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: