APAKAH PERLU MEMAHAMI CSR DENGAN BAIK?


Persiapan presentasi

Persiapan presentasi

Saya menjadi tergelitik untuk menuliskan pemikiran saya tentang CSR ini. Beberapa hari yang lalu, saya terlibat diskusi dengan para pengusaha muda di Jawa barat. Salah satu isu yang kita bahas adalah tentant CSR itu sendiri.

Saya menjadi teringat bagaimana diskusi tersebut sangat menarik karena setiap orang berkesempatan untuk menyampaikan pemikiran mereka tentang konsep CSR. Masing-masing memiliki kerangka yang bagi saya, sudah bagus, akan tetapi perlu diluruskan kembali.

CSR atau yang lebih dikenal dengan Corporate Social Responsibility adalah tanggung jawab perusahaan kepada masyarakat atas setiap kebijakan dan kegiatan bisnis yang mereka jalankan setiap saat. Hal ini menjadi isu yang sangat strategis saat ini shubungan dengan meningkatknya kesadaran para pengusaha dan stakeholder lainnya akan masyarakat disekitar perusahaan.

Pemahaman tentang konsep ini menjadi wajib hukumnya ketika mereka akan terlibat dalam kegiatan CSR tersebut. banyak hal yang perlu diketahui. Salah satunya adalah komunikasi.

Hal ini menjadi penting karena selama ini, kegiatan CSR kurang disentuh dengan hal-hal yang berhubungan dengan komunikasi atas setiap kegiatan CSR tersebut. adanya suatu tanggungjawab kepada stakeholder, khususnya internal stakeholder menyangkut kegiatan CSR yang dijalankan oleh para manajemen suatu perusahaan.

Komunikasi ini akan membangun saling kesepahaman antara karyawan dan juga penerima program CSR tersebut. seringkali terjadi perbedaan pemahaman akan program CSR yang dilakukan oleh bisnis mereka. tidak bisa hal ini terjadi terus menerus karena akan berdampak kepada bisnis itu sendiri.

Oleh karena itu, program komunikasi CSR perusahaan haruslah dimanage dengan baik dan secara optimal agar memberikan value bagi perusahaan itu sendiri, baik bagi internal perusahaan, apalagi ekternal perusahaan. Pemahaman ini penting dimiliki oleh stakeholder perusahaan untuk saat ini dan yang akan datang.

About merizahendri

Man with skill in Entrepreneurship, strategic management,

Posted on September 10, 2013, in CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY and tagged . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: