MEMBUAT KEPUTUSAN PENTING DALAM KEHIDUPAN


bersama peserta pelatihan

bersama peserta pelatihan

Sejak kemaren, saya ditantang untuk membuat keputusan yang sangat menentukan kehidupan saya, saat ini dan yang akan datang. Tidak hanya berhubungan dengan kehidupan pribadi, akan tetapi juga sangat menentukan bisnis saya. Saya menjadi teringat dengan tulisan yang pernah saya buat yaitu bagaimana membakar kabar sendiri……

Keputusan yang harus saya buat berhubungan dengan income saya pribadi dan keluarga. Tidak gampang membuat keputusan tersebut karena harus memperhitungkan cost and benefit untuk saat ini dan yang akan datang. demikian juga dengan yang terkena dampak atas keputusan tersebut.
Keputusan yang dibuat ini menuntut saya untuk menggunakan model decision making process, mulai dari identifikasi masalah sampai dengan membuat keputusan itu sendiri. masalah yang dihadapi adalah bagaimana masalah yang saya hadapi. masalah itu berhubungan dengan gap antara sesuatu yang ideal dengan yang ada di fakta itu sendiri.
pilihan-pilihan untuk mengatasi masalah tersebut saya kumpulkan sebanyak mungkin. Pilihan-pilihan tersebut harus mampu memberikan kontribusi yang optimal dalam pemecahan masalah yang saya hadapi. Harus melakukan kontemplasi dulu ini. Memang iya, harus dilakukan kontemplasi pada saat menghadapi hal ini dalam kehidupan saya.
Fase yang paling penting adalah mengevaluasi setiap pilihan yang ada dengan dasar cost and benefit tadi bagi saya sendiri. Setiap pilihan akan memberikan value bagi saya sendiri. oleh karena itu, tahap ini sangat menentukan kualitas keputusan yang dibuat.
barulah keputusan bisa diambil dari hasil evaluasi atas setiap pilihan tadi. Keputusan inilah yang menjadi solusi atas masalah yang saya hadapi. Hal ini sangat relevan dengan apa yang selalu saya sampaikan kepada para entrepreneur lainnya selama ini. semoga keputusan ini adalah yang terbaik untuk saya saat ini dan yang akan datang. amin….

About merizahendri

Man with skill in Entrepreneurship, strategic management,

Posted on September 8, 2013, in Management and tagged . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

