DELEGASI TUGAS….


Mendelagasikan

Mendelagasikan

Rasanya, pengalaman ini tidak akan pernah dilupakan. pengalaman yang sangat penting untuk memberikan pengembangan kepada organisasi. apa itu? namanya delegasi. konsep ini mungkin sudah sering didengar, akan tetapi, apakah kita sudah memahami dan menjalankannya dengan baik?

Saya jadi teringat empat peran seorang pemimpin yang sering digunakan oleh majalah SWA dalam melihat dan memilih para pemimpin perusahaan yang sukses. jelas sekali pelajaran berharga juga buat kita para entrepreneur. Pelajaran buat para entrepreneur adalah pada hakekatnya setiap entrepreneur itu memegang banyak peran, salah satunya adalah leader.
 
Empat peran seorang leader itu adalah perintis, penyelaras, pemberdaya dan jadi contoh. Hal yang ingin saya sharing adalah bagaimana pengetahuan, pemahaman, penghayatan serta pelaksanaan delegasi oleh setiap entrepreneur kepada timnya. ini penting karena pada hakekatnya, tidak bisa dikerjakan sendiri.
Delegasi menjadi peran kunci sukses seorang entrepreneur dalam bisnis tersebut. konsep delegasi itu adalah menyerahkan sebagian pekerjaan kita kepada anggota tim. itu kata kuncinya dan kalau ingat konsep manajemen, bagaimana bekerja dengan dan melalui orang lain untuk mencapai tujuan secara efektif dan efisien, terlihat bahwa delegasi itu juga bentuk aktivitas seorang manajer.
sekarang, kalau begitu, perlu juga konsep manajemen dalam delegasi? betul sekali. Planning, organizing, actuating dan controlling atau yang lebih dikenal dengan POAC, harus diterapkan dalam delegasi tersebut. Perencanaan yang jelas harus dibuat terlebih dahulu. Adanya tujuan, sasaran yang terukur, adalah awal yang baik buat delegasi, karena itu akan jadi alat kontrol. Konsep SMART, bisa dipakai.
Kedua, melakukan organizing. penentuan orang yang akan menerima delegasi sangat penting. harus sesuai dengan knowledge, skill dan attitude (KSA) mereka. kemudian, pada tahap actuating, disinilah peran leadership skill, decision making process, communication, teamwork, problem solving, motivation skill sangat diperlukan.
Pada akhirnya, melakukan controlling, dengan membandingkan antara perencanaan dengan hasil yang dicapai atas actuating. barulah lakukan perbaikan, apakah di planning, di organzing atau di actuating dalam delegasi tersebut. InsyaAllah tugas yang kita delegasikan akan berjalan sesuai target…. itu dulu ya….sukses buat kita semua

About merizahendri

Man with skill in Entrepreneurship, strategic management,

Posted on September 6, 2013, in Management and tagged . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: