Terus melakukan evaluasi dan kontrol


Menjelaskan materi

Menjelaskan materi

Setelah menjawab ketiga pertanyaan dalam kerangka stratejik kemaren, saatnya setiap entrepreneur melakukan sesuatu yang paling penting dalam bisnisnya. rasanya, sudah sering saya bahas ini dalam konteks sharing pengetahuan pengalaman bagi entrepreneur.

Tindakan yang sering dilupakan setelah menjawab pertanyaan where are we now, where do we want to go dan how do we go there, menjadi sangat penting ditindaklanjuti dengan evaluation and control. konsep melakukan evaluasi. ada tiga hal yang harus kita evaluasi

Pertama, mengevaluasi apakah benar posisi kita tersebut seperti yang dianalisis sebebelumnya? hal ini penting untuk dievaluasi oleh para entrepreneur. bisa jadi, ada kesalahan dalam menganalisis posisi. bisa jadi over confidence, ataupun sebaliknya under confidence. Hal ini harus dilakukan perbaikan dengan membuat kontrol yang benar.

Kedua, evaluasi atas where do we want to go. ini perlu dilakukan apakah sudah benar kita membuat visi, misi, tujuan, sasaran, strategi dan policy? ini pertanyaan mendasar. seringkali orang buat visi asal-asalan dan tidak bisa dicapai.

Ketiga, evaluasi atas how do we go there. hal ini bisa dilihat dari program, budget, sop, manpower atau fasilitas. kesalahan dalam salah satu aspek ini akan membuat capaian tidak akan sesuai dengan yang diharapakan.
pada fase evaluasi dan kontrol ini, ketiga pertanyaan ini harus dievaluasi secara paralel sehingga ketahuan dimana salahnya. barulah kita melakukan kontrol untuk membuat perbaikan. Ingat PDCA lagi ya… itu dulu ya… masih dirumah, recovery badan semoga besok sudah sembuh…mohon doanya.

About merizahendri

Man with skill in Entrepreneurship, strategic management,

Posted on September 4, 2013, in Strategic Management and tagged , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: