WHERE DO WE WANT TO GO?


Mengajar...

Mengajar…

hmmm…Alhamdulillah..badan ini belum bisa kompromi untuk bekerja normal, akhirnya harus tetap istirahat. Tetapi, banyak hal juga yang bisa difikirkan selama istirahat ini. ups. hampir lupa, saya janji kemaren untuk melanjutkan ke pertanyaan kedua dalam kerangka bisnis bagi setiap entrepreneur. Meski agak siangan nulisnya, ngga apa-apa kan?

ha2… memang benar, pertanyaan kedua harus bisa dijawab oleh setiap entrepeneur dalam bisnis tersebut. Hal ini sangat penting karena dengan jawaban pertanyaan kedua ini, akan menjadi panduan bagi setiap entrepreneur dalam menjalankan bisnis tersebut. 

 

Where do we want to go adalah pertanyaan tentang kita mau bawa kemana ini bisnis setelah mengetahui posisi kita di pasar. Jelas sekali bagaimana terasa kalau kita tidak tahu kemana tujuan, akan berdampak tidak jelasnya apa yang kita lakukan. sangat disayangkan kalau hanya melakukan sesuatu yang tidak jelas. apa saja itu?

pertama adalah menetapkan visi bisnis kita. Visi itu adalah mimpi yang hendak dicapai dan karakter utamanya adalah jangka panjang dan harus sesuai dengan kita sendiri. Visi saya dibidang pendidikan, harus jelas. Menjadi yang ter…..dimana….tahun… itu adalah indikator utamanya. Kedua adalah menetapkan misi atau alasan kita menjalankan bisnis tersebut. Alasan ini harus bisa menjawab kepentingan konsumen, pemegang saham, karyawan, masyarakat dan lingkungan alam. 

 Ketiga, objectives dan goals. objectives itu adalah tujuan, tetapi seringkali masih besifat kualitatif, tetapi, goals, itu tujuan yang bersifat kuantitatif. jelas sekali disini apa yang hendak kita capai. artinya, where do we want to go tersebut sudah terbayang. barulah bicara tentang pilihan strategi dan kebijakan yang ada dalam bisnis tersebut. jadi teringat bagaimana perlunya setiap entrepreneur memikirkan apa yang hendak dicapai ini. semoga teman-teman sudah jelas membuatnya ya… saya juga terus menyempurnakan apa yang saya buat… where do we want to go????

About merizahendri

Man with skill in Entrepreneurship, strategic management,

Posted on September 2, 2013, in Strategic Management and tagged , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: