Strategic management for entrepreneur


Berbagi

Berbagi

Kelas GIMB entrepreneur school tadi malam sangat interaktif dan membahas aspek yang sangat diperlukan oleh para entrepreneur. Bahasan tentang strategic management. Ada satu pertanyaan yang sangat menggelitik buat saya. Apakah entrepreneur itu butuh strategic management.

Kaget, itu perasaan awal yang saya rasakan. Kenapa? Karena, pertanyaan tersebut dilontarkan oleh siswa GES batch 5 dan padahal mereka sudah mengikuti kelas ini yang ke 7. Beneran kaget. Akan tetapi, pertanyaan sangat mendasar.

Saya menganggap ini juga pertanyaan teman2 entrepreneur lainnya. Kenapa harus berfikir layaknya seorang CEO perusahaan besar. Harus mulai dari environmental scanning, strategic formulation, strategic implementation sampai strategic evaluation dan control. Cape deh..kan yang penting entrepreneur itu adalah action.

Wajar saja berfikir seperti itu. Ada alasan penting saya mengajarkan hal ini. Pertama, bisnis boleh diawali dengan action aja dulu, tapi, bisnis itu untuk tumbuh dan berkembang, membutuhkan pengetahuan dan ruhnya adalah strategic management.

Kedua, saya melihat, entrepreneur sukses itu banyak yang harus jatuh bangun. Lalu, sukses diperoleh puluhan tahun. Saya tidak berharap hal ini terjadi pada entrepreneur muda saat ini. Harapan saya, dalam dua-tiga tahun, bisnisnya sudah bisa seperti bisnis yang dijalankan puluhan tahun dalam indikator, profit, skala bisnis, people, planet dan sustainability.

Karena dalam kerangka strategic, bisnis itu harus long term. Ketiga, bagaimana bisnis entrepreneur terus tumbuh dan berkembang. Seandainya teman-teman berbisnis kuliner, bagaimana bisnis itu dalam 2-3 tahun dan profit, tumbuh dan berkembang seperti bisnis yang dijalankan oleh banyak orang dalam hitungan puluhan tahun. Jadi, mari belajar strategic management dalam bisnis kita. Sukses ya…

About merizahendri

Man with skill in Entrepreneurship, strategic management,

Posted on Agustus 29, 2013, in Strategic Management and tagged . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: