KSF


Terus berbagi

Terus berbagi

KSF, Apa itu? Pertanyaan yang muncul ketika saya menyebutkan tiga huruf tersebut. Aneh memang, akan tetapi, saya jadi teringat dengan kenapa seringkali entrepreneur kurang berhasil melakukan continues improvement atau kaizen.

Permasalahannya adalah salah satunya berhubungan dengan KSF ini. KSF adalah singkatan dari key success factor atau faktor kunci untuk suatu kesuksesan. Membahas KSF ini jadi teringat juga dengan pernyataan bapak angkat saya tentang aktivitas bisnis, apa dulu kunci suksesnya.

Sehubungan dengan itu, saya tertarik sharing dengan teman-teman agar menjadi perhatian juga dalam aktivitas bisnisnya. Ksf penting untuk menjadi perhatian karena dalam setiap aktivtas, ada faktor kunci. Darisinilah perhatian utamanya.

Sebagai contoh, ksf utama dalam bisnis online marketing akan berbeda dengan travel. Faktor kunci ini dilihat dari dua aspek utama, pertama dari aspek konsumen, kedua dari aspek perusahaan kita sendirim

Dari aspek konsumen, tentu faktor need, want dan demand dari konsumen yang harus dipenuhi agar bisa mencapai customer satisfaction dan selanjutnya loyalitas konsumen. Itulah yang menjadi ksf pada aspek konsumen.

Tentu teman-teman ingat dengan QCDS yang sering saya bahas. Itu beberapa ksf turunan dari need, want dan demand konsumen tadi. Quality yang baik, cost yang relatif rendah, delivery time yang sesuai harapan konsumen dan selanjutnya service yang ditunggu konsumen.

Adapun dari aspek perusahaan, perlu memperhatikan ksf nya profit, people, planet dan sustainability. Ini adalah ksf yang harus diperhatikan dalam bisnis.itu dulu ya, ni dah diminta tukang parkir pindahin mobil…btw, bgm dgn ksf bisnis teman2? Sukses ya…;)

About merizahendri

Man with skill in Entrepreneurship, strategic management,

Posted on Agustus 28, 2013, in Strategic Management and tagged . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: