PDCA


Berbagi

Berbagi

Alhamdulillah, semalam acara I Love Business dan Halal Bihalal GIMB Foundation dengan GIMBers dan juga stakeholder nya berjalan dengan lancar. Program yang yang direncanakan oleh teman-teman, ada Haris, Dede, Anggasa, Ali, Lilis, Dama sebagai driver dan didukung oleh GIMBers lainnya sukses berdasarkan output dan outcome yang sudah ditetapkan bersama. Kehadrian para pembicara dari HIPMI Jabar, Kadin Jabar, Bank BJB serta pengusaha benar-benar memberikan value bagi entrepreneur.

Terima kasih ya kepada seluruh stakeholders yang sudah bersedia hadir, ada Pa Kunto dan teman-teman Bank BJB Purwakarta dan BJB Pusat, teman-teman Kadin jabar, Teman-teman HIPMI Jabar, Kang Eris (Jabar Media Club), Kang Gilman (BEI), Teman-teman dari Markplus, Bakorda HIPMI PT Jabar, Campuss Partners, wartawan, Asuransi dan para entrepreneur serta GIMBers, baik binaan mapun siswa GIMB Entrepreneur school.


Akan tetapi, perlu kita lakukan perbaikan. Konsep ini menjadi konsep yang wajib dilaksanakan oleh para GIMBers karena dalam pembelajaran yang dilakukan di kelas maupun luas kelas, kita wajib melakukan continues improvement atau Kaizen atau perbaikan terus menerus. Hal ini penting bagi setiap aktivitas dalam bisnis kita, termasuk I Love Business ini.

Apa yang perlu dilakukan dalam perbaikan terus menerus ini? Tentu teman-teman ingat kembali dengan konsep PDCA atau yang dilakukan orang dengan Planning, Do, Check, Action. Dalam Kaizen, membuat planning atau perencanaan untuk suatu aktivitas atau program. Planning adalah tahap awal yang harus dibenarkan terlebih dahulu. berangkat dari analisis, tujuan (SMART). kemudian jalankan (Do) rencana yang sudah dibuat tersebut. sampai inilah kegiatan yang dilakukan semalam.

Setelah itu, lakukan Check. kegiatan ini sama dengan evaluasi atas setiap kegiatan yang sudah dilakukan (Do). tahap ini penting dengan membandingkan antara perencanaan dengan tindakan yang sudah dilakukan. Darisinilah kerangka berfikir yang sangat penting karena bila ada gap antara plan dan do, maka dilakukan perbaikan berupa Action. setelah ILB semalam, akan dilakukan perbaikan untuk ILB minggu depan.

Inilah pelajaran semalam yang perlu kita sadari. akan tetapi, saya benar-benar berterima kasih kepada seluruh stakeholder GIMB Foundation yang sudah berkontribusi pada acara ILB semalam. Pertanyaannya, apakah teman-teman sudah menerapkan PDCA dalam bisnisnya?… sukses buat kita semua ya

About merizahendri

Man with skill in Entrepreneurship, strategic management,

Posted on Agustus 27, 2013, in Operation Management and tagged . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: