PAHAMI KEKUATAN DAN KELEMAHAN PESAING DALAM NPD


Mengajar dan sharing dengan peserta

Mengajar dan sharing dengan peserta

Tadi pagi, saya baru bangun, tetapi sudah ditantang oleh haris, tim utama di GIMB Foundation untuk berdiskusi. terima kasih ris. pagi-pagi sudah menggerakkan dan memaksa saya untuk berfikir bangun tidur dan sholat subuh. padahal mau jogging tadi, jadinya dipostphone dulu ha2……

Pelajaran berharga dari Haris pagi ini adalah bagaimana beliau mengajak saya berfikir untuk mengembangkan produk baru atau yang lebih dikenal dengan newa product development atau NPD. Bagaiamana seharusnya kita melakukan pengembangan produk, dari pengembangan ide, screaning, membentuk prototype, uji coba, perbaiki sampai dengan komersialisasi atas pengembangan produk tersebut.

Akan tetapi, ada beberapa hal yang mendasar yang harus diperhatikan terlebih dahulu. Pertama, memperhatkan need, want dan demand dari konsumen. Ketiga aspek ini menjadi salah satu key success factor (KSF) bagi pengembangan produk. Kemudian, lihat juga pesaing. Saya jadi teringat dengan kata-kata Ciputra, yang menyatakan bahwa salah satu tips mejadi pengusaha tangguh adalah memperhatikan pesaing.

Lihat kekuatan dan kelemahan pesaing dan mulailah dari kelemahan pesaing dalam memenuhi need, want dan demand dari konsumen. Hal ini akan menjadi keunggulan bersaing kita terhadap produk yang kita kembangkan. keunggulan bersaing ini akan memberikan kontribusi optimal kepada bisnis kita.

Selanjutnya, lihat juga kekuatan dan kelemahan kita sendiri. darisinilah jadi dasar berfikir strategis bagaimana dalam mengembangkan produk tersebut, diukur juga kekuatan dan kelemahan kita. kekuatan dalam mengembangkan produk jadi penting. btw, bagaimana dengan NPD produk teman-teman?

Semoga pelajaran pagi ini bermanfaat ya. Terima kasih Haris, sudah memaksa saya berfikir pagi ini. U’re young and keep learning to be the most successful knowledge based entrepreneur..

About merizahendri

Man with skill in Entrepreneurship, strategic management,

Posted on Agustus 25, 2013, in Strategic Management and tagged . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: