MENULISKAN MASALAH BISNIS KITA


Memberikan petunjuk kepada peserta

Memberikan petunjuk kepada peserta

Kemaren, dalam kelas coaching sore hari, saya memulai nya dengan meminta peserta coaching meuliskan 10 masalah yang mereka hadapi dalam bisnis. Masalah bisnis yang sedang mereka hadapi. Kaget juga mendapatkan hasil dari tulisan mereka tersebut.

Tanpa mereka sadari, dengan membuat atau menuliskan masalah bisnis tersebut, banyak hal yang didapat. Khususnya hal-hal yang tidak mereka duga tentang bisnis dan permasalahannya. Ada beberapa pelajaran yang bisa saya dapatkan dari metode ini.

Pertama, mereka saya ajak untuk menjalankan knowlege management. Mendapatkan pengetahuan bisa dari masalah yang sedang kita hadapi. Itu lebih bermanfaat buat bisnis. Kedua, saya mengajak mereka untuk mempolakan aktivitas bisnis. Setelah diidentifikasi, masalah bisnis mereka hampir semua berhubungan dengan manajemen.

Manajemen keuangan, pemasaran, produksi, sdm serta manajemen itu sendiri. ketiga, saya mengajak mereka untuk berfikir. Berfikir dengan bertanya, bertanya untuk mencari jawaban dan mencari jawaban yang benar. Ini yang paling penting.

Entrepreneur diajak untuk berfikir. Keempat, mengembangkan kreativitas mereka. Kreativita berhubungan dengan mengembangkan ide-ide. Ini penting sekali. Seorang entrepreneur wajib memiliki kreativitas yang tinggi dalam memecahkan masalah bisnis. Terakhir adalah inovasi mereka. ingat, ini penting karena berhubungan dengan penerimaan pasar. Ide-ide dari kreativitas harus relevan dan diterima pasar. Itu baru inovasi.

Jadi, coaching kemaren sunggu memberikan pelajaran berharga. Selamat beraktivitas ya… mau ngajar dulu di GIMB Entrepreneur school..

About merizahendri

Man with skill in Entrepreneurship, strategic management,

Posted on Agustus 24, 2013, in Creativity and Innovation and tagged . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: