MENGAJAR MANAJEMEN OPERASI, 24 Agustus 2013


Bersama Siswa GES 4, 24 Agustus 2013

Bersama Siswa GES 4, 24 Agustus 2013

Pembelajaran di kelas GIMB entrepreneur school batch empat sore ini sudah sampai pada perspektif internal business process dalam konteks balanced scorecard atau BSC. Materi ini menjadi sangat penting dan bersifat inti bagi para siswa karena bagian inilah yang seringkali di lupakan atau kurang disadar dalam kehidupan bisnis para entrepeneur. seringkali menjadi perhatian.

Inilah yang menjadi perhatian saya dalam mengajar materi sore ini. Pembelajaran yang sangat berhubungan dengan bisnis proses atau proses bisnis dari perusahaan mereka. Kegagalan dalam memahami proses bisnis berdampak kepada bagaimana entrepreneur tidak mampu mengelola dan mengatur proses bisnis dengan baik sesuai dengan standar yang sudah ditetapkan.

ingat, dalam proses bisnis itu berhubungan dengan biaya yang ditanggung oleh para pebisnis. Biaya yang mempengaruhi tingkat profitabilitas yang didapatkan oleh para entrepreneur. padahal, profitabilitas tersebut adalah tujuan dari setiap entrepreneur dalam berbisnis. sangat disayangkan bila entrepreneur harus mengalami penurunan dalam laba mereka.

Pembahasan dimulai dengan membuat mapping atas proses bisnis perusahaan para siswa dan kemudian memberikan pengelompokkan atas tahap-tahap dari proses bisnis tersebut. dari inilah para siswa membuat proses bisnis mereka. Penting untuk diperhatikan oleh setiap entrepreneur dalam manajemen operasi karena saya juga membuat estimasi bagaimana persentase dari proses bisnis dalam biaya suatu perusahaan. Jadi, perlu bagi setiap entrepreneur memahami hal ini.

Pelajaran sore ini benar-benar berarti bagi setiap siswa. buktinya adalah mereka semua membuat tahap-tahap dalam bisnis. selain itu, banyak pertanyaan yang disampaikan kepada saya dalam belajar dan berhubungan dengan aspek teori dan bisnis mereka. semoga bermanfaat ya…

About merizahendri

Man with skill in Entrepreneurship, strategic management,

Posted on Agustus 24, 2013, in Operation Management and tagged . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: