LEADING BY EXAMPLE


Mengajar di KIA Ceramics, Tbk

Mengajar di KIA Ceramics, Tbk

Pagi ini macet sekali ke kampus widyatama. Setelah mengantarkan farhan ke SD Banjarsari, lanjut ke kampus widyatama. Untuk memimpn acara halal bihalal dan pelatihan saham bagi dosen dan mahasiswa yang tergabung dalam pojok bursa universitas widyatama.

Meskipun macet, tapi saya harus tetap kekampus. Karena anak-anak akan mendapatkan training pertama tentang saham. Para dosen juga akan ikut pelatihan ini.

Tapi, saya harus tetap kekampus, meskipun macet habizzzz. Pelajarannya adalah leading by example. Leading dengan memberi contoh, akan lebih dahsyat dampaknya bagi yang kita pimpin. Tentu kita harus melihat lagi konsep leadership.

Leadership adalah kemampuan seseorang dalam mempengaruhi orang lain untuk mencapai tujuan secara efektif dan efisien. Kata kuncinya adalah mempengaruhi orang lain. Seringkali banyak orang marah-marah, mengancam ataupun memaksa orang agar terpengaruh.

Akan tetapi, cara tersebut tidak akan efektif dan efisien lagi. Capek, stress, buang-buang energi jadinya. Selain itu, anak yang kita pimpin menjadi malas dan dendam kepada kita. Tidak akan bagus jadinya.

Konsep leading by example ini akan menjadi pola yang efektif saat ini. Dengan memberi contoh langsung, berdampak pada hal yang sangat mendasar bagi yang kita pimpin. Mereka tergerak untuk menjalankan apa yang disarankan.

Saya rasa, hal ini perlu kita jadikan sebagai model dalam kepemimpinan yang kita terapkan dalam pekerjaan sehari-hari. Sukses ya buat kita semua hari ini.
Powered by Telkomsel BlackBerry®

About merizahendri

Man with skill in Entrepreneurship, strategic management,

Posted on Agustus 23, 2013, in Leadership and Followership and tagged , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: